Kaum Duafa Bangkalan Rebutan Zakat

Avatar of PortalMadura.Com
ilustrasi thewcmp
ilustrasi thewcmp

PortalMadura.Com, – Para kaum duafa rebutan saat menerima zakat di gedung Rato Ebu Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Kamis (17/7/2014). Mereka berdesak-desakan untuk bisa kebagian zakat dari panitia. Padahal, jatah mereka sudah ada, karena telah terdaftar sebagai penerima zakat. Beruntung dalam pembagian zakat itu ada petugas yang mengamankan sehingga tidak sampai terjadi kericuhan.

Akhirnya, mereka mendapat zakat satu persatu. Pembagian zakat sendiri berlangsung aman dan tertib, meskipun sempat terjadi desak-desakan. Dalam pembagian zakat ini panitianya adalah Kabupaten Bangkalan. BAZ menyalurkan Zakat, Infaq dan Shadaqoh (ZIS)  pada kaum duafa, anak yatim dan para ustad.

Adapun zakat yang dibagikan sebanyak 1.500 paket. Paket tersebut berisi beras, minyak goreng gula dan sarung serta ada uang tunai.

Ketua BAZ Kabupaten Bangkalan, KH Nuruddin A Rahman, menyatakan, zakat yang diberikan pada kaum duafa saat ini merupakan bantuan dari masyarakat. Selama satu tahun BAZ mengumpulkan zakat dari masyarakat yang mampu. Dalam pembagian zakat ini, pengurus tidak mengambil sepeserpun zakat dari masyarakat.

“Untuk biaya operasional, kami mendapat bantuan dari pemkab Bangkalan. Jadi, zakat dari masyarakat semuanya dibagikan pada duafa, anak yatim dan para ustad,” terang Nuruddin.

Ia menjelaskan, saat ini ada 1.500 paket yang diberikan pada masyarakat yang kurang mampu. Angka ini lebih besar dibandingkan tahun lalu. Dimana tahun kemarin sebanyak 1.000. Berarti ada tambahan berjumlah 500 paket.

“Dalam paket itu berisi beras, gula, minyak goreng, sarung dan ada uang tunai senilai Rp 50 ribu. Semoga dengan adanya penyaluran ZIS bisa membantu dan meringankan beban masyarakat yang kurang mampu jelang lebaran,” paparnya.

Sementara itu, salah seorang penerima zakat, Budi, menyatakan, dirinya sangat senang dengan adanya bantuan ini. Sebab, tidak perlu membeli sembako karena sudah mendapat bantuan dari BAZ. Selain dapat sembako, masih juga dapat uang.

“Bantuan sangat bermanfaat bagi saya, nanti berasnya langsung dimasak buat buka puasa bersama keluarga,” tandasnya. (dit/htn)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.