160 Desa di Sumenep Bentuk BUM Des Tanpa Program

Avatar of PortalMadura.Com
160 Desa di Sumenep Bentuk BUM Des Tanpa Program
Ist. BUM Des

PortalMadura.Com, – Sebanyak 330 desa di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, baru 160 desa yang telah membentuk Badan Usaha Milik Desa (). Namun, masih terbentuk secara administrasi dan programnya belum berjalan.

“Sudah 50 persen lebih, dari total desa di Sumenep, baik daratan maupun kepulauan sudah terbentuk BUM Des,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Ahmad Masyuni, Jumat (13/1/2017).

Menurutnya, setelah semuanya terbentuk, pemerintah daerah akan membawa ke daerah lain yang sukses mengelola BUM Des tersebut agar pengurus BUM Des di Sumenep bisa belajar secara teknis pengembangan BUM Des.

“Jadi, tidak hanya belajar secara teori, tapi lebih-lebih mengetahui secara praktiknya agar BUM Des benar-benar berjalan sesuai harapan,” ucapnya.

Pembentukan BUM Des ini merupakan salah satu program unggulan pemerintahan Busyro-Fauzi. Untuk mewujudkan BUM Des itu, pemerintahan desa bisa memanfaatkan Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) untuk menjadi dana operasionalnya.

“Apalagi tahun ini DD mengalami kenaikan sebesar Rp100 Juta per Desa. Dana tersebut jangan hanya digunakan untuk pembangunan peningkatan jalan, tetapi juga gunakan sebagai peningkatan ekonomi masyarakat,” tegasnya. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.