2016, Baru 10 Ribu Nelayan Sumenep Tercover Program Asuransi

Avatar of PortalMadura.Com

PortalMadura.Com, – Sebanyak 10 ribu lebih nelayan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur yang masuk dalam program asuransinelayan.

Sedangkan yang tercacat di Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) setempat mencapai 40.200 nelayan.

“Tahun ini Sumenep baru mendapatkan kuota asuransinelayan sebanyak 10 ribu nelayan, jauh dari jumlah nelayan yang ada,” kata kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumenep,  Moh Jakfar, Selasa (10/5/2016).

Menurutnya, sampai saat ini, kartu nelayan yang sudah tercetak sebanyak 10.352 kartu. Namun, dari kartu nelayan yang sudah tercetak itu perlu verifikasi ulang karena ada yang ber KTP nelayan, tapi juga sebagai pembudidaya rumput laut.

“Kalau di KTP tertera sebagai nelayan, tapi ternyata ia mempunyai pekerjaan lain seperti pembudidaya rumput laut, pasti akan dihapus dari penerima program asuransinelayan itu,” ucapnya.

Kriteria pemilik kartu nelayan, lanjutnya, yang bersangkutan benar-benar sebagai pekerja penangkap ikan di laut. Jika yang bersangkutan hanya sebagai buruh pengangkut ikan dipelabuhan tidak akan mendapatkan program asuransitersebut.

“Kalau besaran asuransiyang akan diterima nelayan itu sampai saat ini masih belum, karena masih dalam proses di pusat,” bebernya.

Ia memastikan, program asuransinelayan itu bisa terealisasi tahun 2016. “Dan kami berharap jaminan asuransinelayan itu berlaku seumur hidup,” harapnya. (arifin/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.