PortalMadura.com

2016, Ponpes Suryalaya Sumenep Salurkan 35 Hewan Kurban

  • Minggu, 11 September 2016 | 09:59
2016, Ponpes Suryalaya Sumenep Salurkan 35 Hewan Kurban
Ist. Kurniadi Wijaya

PortalMadura.Com, Sumenep – Yayasan Pondok Pesantren (Ponpes) Suryalaya Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menyalurkan 35 hewan kurban pada Idul Adha 1437 H/2016.

Hewan kurban tersebut terdiri dari 32 kambing dan tiga (3) ekor sapi. “Untuk kambing sudah disalurkan pada perwakilan Ponpes Suryalaya dimasing-masing kecamatan,” kata Penanggungjawab Yayasan Suryalaya, Sumenep, Kurniadi Wijaya, Minggu (11/9/2016).

Sedangkan tiga (3) ekor sapi akan dilakukan penyembelian usai Salat Idul Adha, Senin (12/9/2016). “Daginggnya, juga akan didistribusikan pada Ponpes Suryalaya perwakilan kecamatan,” terangnya.

Jumlah kambing kurban tahun ini meningkat bila dibanding tahun 2015. “Dulu, sebanyak 27 ekor kambing, tahun ini mencapai 32 ekor, kalau sapi tetap tiga. Alhamdulillah, semoga mendapat rida dari Allah,” ucapnya penuh harap.

Kambing kurban tersebut merupakan amanah dari Yayasan Ponpes Suryalaya Korwil Indonesia Bagian Timur untuk Suryalaya Sumenep yang beralamat di Jalan Sludang, Kolor, Sumenep.

Dasar Berkurban

Berkurban saat hari raya Idul Adha sangat dianjurkan kepada umat muslim yang sudah mampu dalam hal ekonomi.

Dalam sejarahnya, disebutkan dalam Al Qur’an, Allah memberi perintah melalui mimpi kepada Nabi Ibrahim untuk mempersembahkan putranya, Ismail.

Advertisement
Iklan Murah

“Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!” Ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar”. Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis(nya), (nyatalah kesabaran keduanya ), dan Kami panggillah dia: “Hai Ibrahim, sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata, dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar. (Ash Shaaffaat: 102-107)”

Dari petikan ayat Al Quran tersebut, minimal dapat diambil tiga maknah :

1. Mendekatkan diri kepada Allah
2. Diajarkan untuk berbagi
3. Diuji untuk tidak rakus (cinta duniawi)

Manfaat :

1. Memupuk rasa empati
2. Melatih diri menjadi orang dermawan
3. Meningkatkan ketaqwaan pada Allah
4. Bekal pahala di hari akhir
5. Membangun solidaritas
6. Keberkahan dalam rezeki
7. Menghindarkan diri dari sikap tamak
8. Menjaga silarutahmi
9. Memenuhi kebutuhan gizi kaum kecil
10. Memakmurkan masjid

(Hartono)

Advertisement
Iklan Murah
Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional