PortalMadura.com

2017, APBD Sumenep Anggarkan Kelistrikan Rp 7 M

  • Jumat, 23 Desember 2016 | 10:46
2017, APBD Sumenep Anggarkan Kelistrikan Rp 7 M
dok. Hadi Soetarto

PortalMadura.Com, Sumenep – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menganggarkan Rp 7 miliar untuk kelistrikan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017.

“APBD tahun 2017 menganggarkan Rp 7 miliar untuk kelistrikan wilayah daratan dan kepulauan,” kata Sekda Kabupaten Sumenep, Hadi Soetarto, Jum’at (23/12/2016).

Menurut Sekda, anggaran penambahan jaringan kelistrikan yang sebelumnya berada di kantor ESDM, untuk tahun 2017 dialihkan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

“Karena Kantor ESDM sudah tidak ada, makanya kami alihkan anggarannya di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa,” jelasnya.

Ia menilai, kalau dilihat dari cakupan masyarakat yang sudah mendapatkan jaringan listrik, anggaran tersebut memang masih kecil. Tapi, dipastikan akan dilakukan penganggaran setiap tahunnya hingga semua warga dapat menikmati jaringan listrik.

Advertisement
Iklan Murah

“Harus bertahap, karena kebutuhan lain juga masih banyak. Yang jelas setiap tahun akan dianggarkan untuk peningkatan kelistrikan tersebut,” tegasnya.

Sesuai data di Kantor ESDM, rasio kelistrikan di Kabupaten paling ujung timur Pulau Madura ini kisaran 52,48 persen dari 322.393 rumah tangga. Rendahnya rasio kelistrikan itu disebabkan Sumenep memiliki banyak pulau sehingga sulit dijangkau oleh pemasangan jaringan listrik.

Dari 27 kecamatan, Sumenep memiliki 126 pulau dan 48 di antaranya merupakan pulau yang berpenghuni. Rasio kelistrikan yang mencapai 52,48 persen itu mencakup rumah tangga yang menikmati aliran listrik dari PLN dan non-PLN seperti pemanfaat program panel tenaga surya terpusat dan pembangkit listrik tenaga disel (PLTD). (Arifin/Putri)

Advertisement
Iklan Murah
Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional