3 Trik Taklukan Anak yang Susah Diatur

Avatar of PortalMadura.Com
3 Trik Taklukan Anak yang Susah Diatur
ilustrasi

PortalMadura.Com – Apakah Anda memiliki anak yang susah diatur?. Hal ini tentu menjengkelkan bukan?. Anak merupakan anugerah terindah yang diberikan Allah kepada orangtuanya. Sayangnya, karena salah asuh, terkadang si kecil sulit diberi nasihat bila akan melakukan sesuatu yang salah.

Perlu orangtua ketahui, anak yang sedang dalam masa pertumbuhan memang memerlukan energi ekstra. Bahkan, anak yang susah diatur bisa membuat stres ibunya. Akan tetapi jangan khawatir, buah hati Anda bisa berubah menjadi anak manis bila Anda mau untuk mengubahnya secara perlahan-lahan.

Berikut tiga cara mengubah anak yang susah diatur:

Broken record
Selama ini Anda memilih untuk berteriak atau memarahi anak bila mereka mulai rewel karena keinginan mereka tidak dituruti?. Atau Anda selalu menuruti permintaan si anak karena tidak ingin mendengar tangisan mereka?.

Maka Anda perlu menerapkan cara ‘broken record‘. Selama yang mereka minta bukanlah kebutuhan penting dan tidak harus menuruti, Anda bisa menolaknya. Anda harus kuat hati dan mengendalikan emosi bila mereka mulai marah atau rewel. Dengan begitu, buah hati Anda akan belajar bahwa mereka tidak selamanya bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan dengan cara menangis dan merengek kepada kedua orangtuanya.

Tunjukkan Tekad Kuat
Ketika dihadapkan dengan pertengkaran yang sulit dengan anak, Anda harus menjaga tekad mereka sebagai orangtua. Ketika Anda menyerah, walau tidak mengatakannya, anak-anak bisa mengetahui apakah mereka bisa menang atau tidak.

Anda harus tetap konsisten bila sudah berkata tidak dan tidak mudah luluh. Biarkan anak belajar bahwa orangtuanya menyayangin mereka tidak dengan cara selalu memberikan apa yang mereka minta.

Fokus pada Perilaku Positif
Ada beberapa anak yang rewel dan susah diatur hanya karena mereka mencari perhatian dari kedua orangtuanya. Anda harus memahami kenapa anak Anda bersikap tidak menyenangkan dan susah diatur.

Berikan perhatian kepada anak Anda tanpa membuat mereka merasa bahwa mereka bisa meminta apa saja karena sudah mendapat perhatian lebih dari orangtuanya.

Memang menjadi orangtua bukan perkara yang mudah. Pasti banyak cobaan serta permasalahan setiap harinya yang timbul karena ulah sang anak. Namun, hal ini merupakan kewajiban orangtua untuk bisa mengatasinya dan mendidik anak dengan baik. (vemale.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.