PortalMadura.com

5 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Sebelum Tidur

  • Jumat, 21 Oktober 2016 | 09:00
5 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Sebelum Tidur
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebenarnya, untuk mendapatkan tidur yang berkualitas itu cukup mudah. Yang terpenting Anda harus berusaha tidur tepat waktu dan tidak melakukan berbagai hal yang dapat merusak tidur Anda. Anda juga harus menghindari beberapa hal sebelum tidur, agar Anda bisa tidur dengan pulas.

Agar tidur Anda lebih berkualitas, sebaiknya jangan lakukan hal di bawah ini sebelum Anda tidur.

Melihat notifikasi media sosial
Saat waktunya tidur tiba, jangan pernah memikirkan apalagi terpancing melihat notifikasi ataupun postingan status atau foto di media sosial. Kalau Anda membuka kembali gadget sebelum tidur, Anda menatap layar yang menyala di kamar redup cahaya. Penelitian menunjukkan menatap layar yang bersinar di ruangan gelap akan menganggu kualitas tidur.

Tidur dengan membawa emosi
Jangan pernah membawa emosi saat tidur. Segera redakan emosi begitu waktu tidur tiba jika sebelumnya Anda sempat beradu-argumen dengan pasangan, orang tua, teman, saudara, atau siapa pun. Peneliti dari University of Massachusetts Amherst, menemukan emosi negatif bisa terpelihara dalam tidur Anda, bahkan bisa meningkat apalagi jika sebelum tidur ada stimulannya. Jadi pastikan semua hal yang memancing emosi sudah mereda sebelum tidur.

Terobsesi menyelesaikan semua daftar tugas
Jika Anda mempunyai daftar tugas harian yang perlu diselesaikan dan sampai ujung hari tugas tersebut belum semuanya beres, tak perlu mengingat kembali jelang waktu tidur Anda. Tinggalkan catatan tugas Anda, dan berilah kesempatan kepada tubuh untuk istirahat di malam hari dengan tenang tanpa memikirkan tugas yang tersisa.

Jangan minum alkohol
Sebagian orang berpendapat bahwa meminum alkohol bisa membantu seseorang agar lebih mudah tidur. Namun, menurut para ilmuwan, meminum alkohol justru membuat seseorang menjadi gelisah dan mengalami gangguan tidur.

Jangan mengonsumsi obat tidur
Sebelum Anda didiaknosis menderita insomnia, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi obat tidur. Pasalnya, obat tidur itu memiliki efek samping seperti nyeri otot hingga membuat Anda sering lupa. Selain itu, obat tidur juga mempunyai sifat adiktif yang membuat seseorang harus mengonsumsi obat tersebut agar bisa tidur. (bs/choir)

loading...
Berita Pilihan

Hari Jadi Pamekasan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional