5 Rahasia di Balik Harumnya Bunga Cempaka

Avatar of PortalMadura.Com
5 Rahasia di Balik Harumnya Bunga Cempaka
ilustrasi

PortalMadura.Com – Bunga Cempaka yang sering kita jumpai di pekarangan rumah dan sering di manfaatkan untuk acara pernikahan, ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, ingin tahu apa saja manfaatnya? Berikut beberapa manfaat yang dapat kita peroleh.

Menghilangkan Bau Badan
Bunga cempaka dikenal sebagai jenis bunga yang memiliki aroma yang sangat wangi. Aroma wangi dalam bunga ini dapat dimanfaatkan untuk mengurangi bahkan menghilangkan bau badan yang tak sedap. Hanya perlu merebus segenggam bunga cempaka, biasanya yang digunakan adalah bunga Cempaka Putih. Segenggam cempaka tersebut dapat direbus dalam satu liter air. Kemudian air rebusan bunga cempaka dapat diminum secukupnya, dan air sisanya dapat digunakan untuk mandi agar bau badan hilang seketika.

Menyembuhkan Perut Kembung
Bunga cempaka dapat menyembuhkan perut kembung akibat banyaknya gas yang ada dalam lambung. Cukup dengan merebus bunga cempaka dengan campuran jahe, kapulaga dan  kulit jeruk keprok kering. Dengan meminum campuran rebusan beberapa ramuan tradisional tersebut, kulit kembung yang menyerang dapat segera diatasi.

Mengatasi batuk berdahak
Bunga cempaka dapat digunakan juga untuk mengatasi batuk berdahak yang menyerang. Hanya perlu merebus bunga cempaka dan menambahkan jahe dan kulit jeruk yang sudah kering. Ramuannya harus lebih kental, yakni perbandingan airnya lebih sedikit dibandingkan untuk mengobati perut kembung. Penyakit infeksi lain seperti peradangan pada saluran pernafasan dapat disembuhkan juga dengan air rebusan bunga cempaka.

Mengobati keputihan wanita
Keputihan dapat diobati dengan bunga cempaka, hanya dengan cara merebus bunga cempaka kering ditambahkan dengan kulit delima dan daun jali. Rebusan ramuan ini dapat di minum setelah dingin secara rutin. Selain itu, bunga cempaka dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit lain yang disebabkan oleh infeksi, jamur, bakteri dan virus seperti sinus,penyakit bronkitis.

Mengobati vertigo
Penyakit vertigo merupakan penyakit yang banyak dialami oleh masyarakat luas. Dengan efek seolah berputar dan hilangnya keseimbangan penderita, maka biasanya penderita vertigo hanya dapat bedrest hingga efek yang ditimbulkan oleh vertigonya hilang. Namun sebenarya, penyakit vertigo ini juga dapat dihilangkan dengan merebus sekitar tujuh kuntum cempaka kering dalam 500 ml air. Air rebusan ini harus diminum secara rutin sampai sembuh.

Itulah tadi manfaat bunga cempaka untuk kesehatan. Perlu Anda perhatikan, ramuan ini tidak diperuntukkan untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat! (manfaat.co.id/Diyah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.