6.455 CJH Asal Pamekasan Akan Jalani Tes Kesehatan

Avatar of PortalMadura.Com
6.455 CJH Asal Pamekasan Akan Jalani Tes Kesehatan
Ilustrasi

PortalMadura.Com, – Sebanyak 6.455 calon jamaah haji (CJH) asal Pamekasan, Madura, Jawa Timur, akan menjalani tes kesehatan di delapan Puskesmas.

Kasi Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Pamekasan, Ilyasak mengatakan, tes kesehatan merupakan program tahunan sebelum diberangkatkan ke tanah suci mekkah.

“Sekarang sudah masuk tes kesehatan tahap pertama terhitung tanggal 10 sampai 19 Agustus. Adapun pelaksanaan tes kesehatan itu akan dilakukan di delapan puskesmas,” ungkapnya, Senin (10/8/2015).

Dikatakan, tes kesehatan dilakukan untuk mengetahui tingkat kesehatan para jamaah. Kemudian, untuk mengantisipasi penyakit menular ketika CJH asal Pamekasan berkumpul dengan jamaah lainnya di tanah suci.

“Seluruh CJH akan diberikan vaksin meningitis dengan cara disuntikkan agar tidak mudah tertular penyakit meningitis saat menjalankan ibadah haji,” katanya.

“Vaksin itu tujuannya agar kekebalan tubuh jamaah lebih kuat. Sebab wilayah Arab dan Afrika merupakan tempat penyakit tersebut,” bebernya.

Delapan Puskesmas yang akan melayani tes kesehatan Jamaah haji adalah puskesmas Teja, Larangan, Pademawu, Bandaran, Palengaan, Pakong, Waru dan Puskesmas Pasean.

Dia melanjutkan, setelah tes kesehatan CJH rampung, mereka kembali akan melaksanakan tes kesehatan di Surabaya sebelum berangkat ke tanah suci. (Marzukiy/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.