6 Manfaat Menceritakan Dongeng Sebelum Anak Tidur

Avatar of PortalMadura.Com

PortalMadura.Com – Bunda, apakah Anda selalu menceritakan kisah dongeng sebelum tidur untuk si kecil? Jika Anda pernah mendapatkan kebiasaan baik ini, teruskanlah juga pada -anak Anda.

Jika belum pernah, tidak ada salahnya mencoba melakukannya untuk anak Anda sekarang. Cerita pengantar tidur atau mendongeng untuk anak Anda sebelum tidur ternyata memiliki manfaat yang baik bagi anak.

1. Meningkatkan kemampuan berbahasa

Saat dibacakan cerita, si Kecil akan mendengar beragam kosakata, istilah, struktur kalimat, ungkapan, dan peribahasa. Terkadang ada beberapa kata di dalam cerita yang belum ia kenal. Saat itulah Bunda dapat menjelaskan arti dan penggunaan kata baru. Pengenalan terhadap beragam elemen bahasa ini akan meningkatkan kemampuan berbahasanya.

2. Meningkatkan kemampuan mendengar

Ketika mendengar cerita yang menarik, perhatian si Kecil akan tersedot pada cerita. Dengan mendengarkan, ia dapat belajar bagaimana sebuah kata diucapkan. Bila aktivitas mendengar cerita itu menjadi sebuah kebiasaan, dia juga bakal belajar berkonsentrasi dan melatih kemampuan logikanya.

3. Meningkatkan kemampuan komunikasi verbal

Topik yang menarik pada cerita dapat memancing si Kecil untuk membahasnya. Nah, dialog yang terjadi antara dia dan Bunda bisa menjadi pengalamannya dalam berkomunikasi verbal. Dari pengalaman itu, ia akan belajar bagaimana bertanya, menanggapi, atau mengungkapkan pendapat.

4. Meningkatkan kemampuan membuat konsep

Melalui dongeng, konsep abstrak seperti hormat, sayang, dan tolong-menolong juga dapat Bunda berikan kepada si Kecil. Pengalaman itu, akan berpengaruh pada kemampuannya dalam menyikapi konsep lain dalam kehidupan nyata. Misalnya, dengan kesadaran sendiri ia akan meminta maaf bila berbuat salah.

5. Meningkatkan kemampuan memecahkan masalah

Semakin banyak cerita yang didengar, bertambah kaya pula pengetahuan si Kecil. Cerita yang Bunda tuturkan bisa membuatnya belajar berbagai kejadian, memahami karakter tokoh, mengerti sebab akibat. Hal ini dapat memperluas pengetahuan dan mempertajam logikanya. Dengan bekal ini, ia pun dapat mengatasi masalahnya sendiri sesuai dengan usianya.

6. Menambah daya imajinasi

Saat cerita dibacakan, imajinasi si Kecil akan berjalan sesuai dengan jalan cerita. Imajinasi itu pula yang nantinya dapat menumbuhkan jiwa petualang dan mendorongnya untuk memandang dunia sebagai tempat yang mengasyikan. Pengembangan daya imajinasi ini juga penting sebagai dasar pengembangan kreativitasnya.

Jadi ayo keluarkan buku cerita Anda, dan bersiaplah untuk membacakannya dengan senang hati selalu, selamanya!(dancow.co.id/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.