PortalMadura.com

6 Pola Asuh Ini Menentukan Masa Depan Anak

  • Selasa, 25 Oktober 2016 | 07:00
6 Pola Asuh Ini Menentukan Masa Depan Anak
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Pola asuh merupakan bagian terpenting dalam pembentukan tingkah laku dan kecerdasan dari dalam diri seorang anak yang tentunya hal ini adalah kewajiban bagi setiap orangtua dimanapun ia berada.

Untuk itulah, pola asuh yang Anda berikan pada mereka akan berpengaruh pada masa depan anak. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan pola asuh dengan perhatian yang tinggi tanpa cara yang keras menghasilkan masa depan lebih sukses dibandingkan dengan orangtua yang keras.

Sekelompok penelitian yang dipimpin oleh Nishimura Kazuo, seorang Project Professor di Kobe University Center for Social Systems Innovation, bersama Yagi Tadashi, profesor di Doshisha University Faculty of Economics, dalam surveinya menunjukkan bahwa anak-anak yang menerima pola asuh dengan perhatian positif memiliki tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi, keberhasilan akademis, dan memiliki rasa moralitas yang kuat.

Nishimura dan Yagi pun menemukan adanya metode pengasuhan yang dikategorikan sebagai berikut:

1. Mendukung

Rata-rata tingkat kebebasan orangtua cukup diberikan kepada anak dengan memberikan kepercayaan yang tinggi, tingkat minat yang tinggi, dan menghabiskan waktu bersama keluarga dengan intensitas berjumlah besar.

2. Tegas

Tingkat mengasuh yang tegas pada anak menghasilkan kemandirian yang cukup tinggi juga anak dapat mengerjakan hal sesuai dengan aturan yang diberlakukan oleh orangtua.

3. Sabar

Pola asuh ini cukup menyeimbangkan antara kepercayaan namun tak terlalu tegas atau galak dan terkadang menghabiskan waktu bersama anak dengan waktu sesering mungkin atau jarang.

4. Santai

Tidak tegas sama sekali mengasuh anak, sedikit menghabiskan waktu bersama anak, namun tetap berada pada aturan yang telah ditentukan oleh orangtua.

5. Keras

Pola asuh ini cenderung tegas dan keras sehingga jarang memberikan kepercayaan yang tinggi kepada anak.

6. Seimbang atau demokratis

Pola asuh ini menjadi kunci sukses dari segalanya. Orangtua dengan pola asuh ini dapat memberikan kepercayaan hingga ketegasan yang berimbang. (sayangianak.com/?choir)

loading...

Hari Jadi Pamekasan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional