PortalMadura.com

7 Cara Ampuh Atasi Migrain Tanpa Obat

  • Selasa, 13 September 2016 | 09:00
7 Cara Ampuh Atasi Migrain Tanpa Obat
ilustrasi

PortalMadura.Com – Migrain adalah nyeri kepala sedang hingga parah yang terasa berdenyut yang umumnya hanya mengenai sebelah sisi kepala saja. Penyakit ini lebih sering diidap wanita dibandingkan pria. Karena sebagian besar wanita akan merasakan sakit saat datang bulan yang biasanya terjadi pada hari pertama.

Migrain dapat muncul hingga beberapa kali dalam seminggu. Selain sakit kepala, sebagian penderita turut merasakan mual, muntah, dan menjadi jauh lebih peka terhadap cahaya atau suara.

Nah, berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi migrain tanpa harus minum obat.

Menghindari pemicu
Pemicu migrain antara lain rokok (nikotin dapat mempersempit pembuluh darah di otak), terlalu banyak berolahraga berat, stres, perubahan pola tidur, sakit kepala dan leher, masalah gigi, makanan tertentu, bau-bauan yang menyengat, cahaya dan menstuasi.

Perhatikan kadar gula darah
Makan teratur setiap 4 jam dan jangan lebih dari 12 jam semalam tanpa makanan. Pilih makanan dengan indeks glisemik rendah seperti buah-buahan dan sayuran, yogurt dan keju rendah lemak. Hindari makanan dengan GI tinggi seperti roti putih, kue kering, minuman manis dan permen.

Periksa asupan kafein
Terlalu banyak kafein dapat menyebabkan pembuluh darah di sekitar otak menjadi terlalu terbatas, yang dapat memicu migrain. Coba mengurangi atau beralih ke minuman tanpa kafein. Cokelat juga mengandung kafein.

Kunyah jahe
Mengunyah jahe dapat meringankan masalah mual dan pencernaan yang cenderung untuk menyertai gejala migrain. Jahe juga dapat memblokir efek dari prostaglandin, yaitu zat yang dapat menyebabkan peradangan pada pembuluh darah di otak dan memicu migrain.

Tingkatkan kadar serotonin
Makanlah makanan kaya protein seperti ayam, kalkun, telur, produk susu, pisang, kurma, gandum, nasi, kacang-kacangan dan biji-bijian untuk meningkatkan kadar serotonin.

Minum air
Minum antara 1 dan 2 liter air sehari dapat mengurangi keparahan, durasi dan frekuensi serangan migrain.

Makan makanan kaya magnesium
Makanan seperti sayuran hijau, tomat, kacang-kacangan, biji-bijian, gandum utuh, kentang, oat, kacang polong dan ektra khamir banyak mengandung magnesium.

Itu tadi cara ampuh mengatasi migrain tanpa obat, selamat mencoba. (detik.com/Diyah)


loading...

Hari Jadi Pamekasan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional