7 Fakta di Balik Khasiat Ginseng Bagi Tubuh

Avatar of PortalMadura.Com
7 Fakta di Balik Khasiat Ginseng Bagi Tubuh
7 Fakta di Balik Khasiat Ginseng Bagi Tubuh

PortalMadura.Com – Selama ini orang hanya mengenal ginseng sebagai penambah stamina kesehatan. Namun ternyata, manfaat ginseng tidak hanya itu saja.

Masih banyak khasiat ginseng yang belum diketahui oleh banyak orang. Bahkan pengobatan herbal Indonesia pun banyak yang memanfaatkan khasiat dari ginseng.

7 Fakta di Balik Khasiat Ginseng Bagi Tubuh

Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan yang dapat Anda peroleh dari tanaman yang sering digunakan sebagai ramuan tradisonal ini.

1. Mengurangi stres mental

Ginseng mampu meningkatkan kewaspadaan mental. Manfaat lainnya adalah sebagai ramuan antidepresan dan anti-kecemasan. Ketika seseorang mengalami stres yang berlebihan, hormon adrenal (kortisol, adrenalin, dan noradrenalin) akan mengalir keluar dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

2. Merangsang sistem kekebalan dan saraf  

Ginseng mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Sejumlah pakar obat herbal mengatakan ginseng dapat meningkatkan kualitas hidup. Sifat adaptogenik pada ginseng membantu merangsang orang tetap muda. Sedangkan pada orang tua, dapat memulihkan sel-sel yang rusak dalam tubuh.

3. Mengobati diabetes

Tingkat gula darah dapat turun secara drastis dengan mengkonsumsi ginseng. Namun, jika Anda sudah menggunakan obat antidiabetes, perlu mempertimbangkan kembali untuk menggunakan ginseng secara bersamaan.

4. Mencegah perkembangan kanker  

Ginseng juga berfungsi dalam menghambat perkembangan siklus sel, sehingga dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker.

5. Menurunkan kadar Kolesterol  

Dalam beberapa penelitian, Ginseng ditemukan menurunkan Kolesterol LDL (Kolesterol jahat). Ginseng bertanggung jawab terhadap penurunan kadar Kolesterol dalam tubuh.

6. Mengurangi Kelelahan

Ginseng diyakini dapat memberikan perubahan fisiologis pada tubuh untuk beradaptasi dengan rasa lelah akibat terlalu banyak pekerjaan.

7. Meningkatkan daya tahan atlet  

Kualitas ginseng dalam meningkatkan stamina telah membuatnya menjadi tonik stimulan populer di kalangan atlet. Selama berlatih, seorang atlet perlu secara konsisiten menjaga stamina agar tetap tinggi.

Oleh karena itu, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi ginseng jika Anda sedang minum obat untuk hipertensi atau penyakit kardiovaskular lainnya. Semoga Artikel ini bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon
Penulis: M. ZakariyaEditor: Putri Kuzaifah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.