8 Cara Jitu Atasi Keracunan Makanan

Avatar of PortalMadura.Com
8 Cara Jitu Atasi Keracunan Makanan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Anda Pernah mengalami mual, muntah, sakit perut, dan diare setelah mencoba makanan yang tak terjamin kebersihannya? Itu adalah gejala keracunan makanan ringan.
Ingin tahu cara mengatasinya? Ini dia beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk meredakan keracunan makanan,

Minum Air Putih

Minum air putih dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan toksin dalam tubuh serta dapat mengurangi rasa mual. Penderita keracunan sangat dianjurkan untuk mengonsumsi air putih segera, karena air putih dapat meringankan kondisi akibat keracunan serta dapat memberikan tenaga bagi tubuh.

Madu

Madu mempunyai sifat anti bakteri dan juga anti jamur yang sangat efektif untuk pengobatan keracunan makanan. Dengan satu sendok makan madu murni sebanyak tiga kali sehari dapat mengobati sakit perut yang disebabkan keracunan makanan ataupun gangguan pencernaan.

Jahe

Jahe mempunyai banyak kandungan zat penting dan sangat efektif untuk menyembuhkan pencernaan khususnya keracunan makanan. Rebus setengah sampai 1 sendok makan jahe yang telah diparut bersama satu gelas air dan tambahkan sedikit gula atau madu. Minumlah hasil rebusan air jahe setelah makan siang atau makan malam untuk menghentikan mual dan gejala keracunan makanan lainnya.

Oralit

Oralit berfungsi menggantikan glukosa, garam, dan mineral penting lain yang hilang akibat muntah dan diare. Untuk beberapa saat, ada baiknya Anda menghindari makanan biasa hingga merasa lebih baik. Anda bisa mengonsumsi makanan yang mudah dicerna seperti bubur.

Air Kelapa Hijau

Air kelapa selain mengandung berbagai ion yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, juga memiliki kemampuan untuk menawarkan racun yang masuk ke dalam tubuh.

Jeruk Lemon

Jeruk lemon mengandung zat asam yang efektif untuk membunuh bakteri jahat di dalam perut anda. Kandungan zat asam ini bisa membantu menyembuhkan keracunan terutama pada kasus keracunan makanan yang ada bakterinya. Campurkan perasan jeruk lemon tersebut dalam minuman Anda dan minum secukupnya.

Teh Hitam

Teh hitam mempunyai kandungan asam tannic yang sangat efektif untuk mengatasi keracunan makanan. Minumlah teh hitam hangat saat perut anda merasa sakit karena akibat dari keracunan makanan.

Konsumsi Buah

Mengonsumsi buah yang mempunyai kandungan enzim seperti pada buah apel dan pisang.  Kandungan emzim pada buah pisang dan apel dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab terjadinya keracunan makanan. Buah apel dan pisang juga dapat membantu mengurangi sakit perut dan pemulihan karena diare.

Semoga artikel di atas bisa bermanfaat bagi semuanya. Terima kasih dan salam sehat selalu. (cegahsakit.com/Diyah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.