PortalMadura.com

8 Ciri Anak Pintar Yang Wajib Diketahui Orang Tua

  • Jumat, 12 Agustus 2016 | 07:00
8 Ciri Anak Pintar Yang Wajib Diketahui Orang Tua
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap orang tua pasti mendambakan anak yang pintar. Banyak orang tua melakukan berbagai macam usaha demi membuat anaknya menjadi lebih pintar.

Meskipun demikian, ada beberapa ciri yang dapat Anda ketahui apakah anak Anda termasuk anak yang pintar. Berikut ini adalah ciri-ciri anak pintar yang wajib diketahui oleh setiap orang tua.

Memiliki daya ingat kuat

Salah satu ciri anak pintar yakni dapat mengingat berbagai informasi yang pernah didengar atau dilihat karena memiliki daya ingat yang kuat. Anak pintar dapat menyimpan beribu informasi dalam ingatannya.

Mampu berkonsentrasi

Anak-anak umumnya kesulitan untuk berkonsentrasi dan fokus pada suatu hal. Namun ciri anak pintar menunjukkan bahwa ia bisa berkonsentrasi dengan intens dalam waktu yang lama. Anak pintar bisa membedakan dan menentukan mana prioritasnya, sehingga ia mampu menyelesaikan pekerjaannya tanpa banyak terpengaruh dengan kondisi di sekitar.

Tertarik dengan banyak hal

Ketika si kecil banyak mempertanyakan sesuatu yang tidak diketahuinya, maka hal ini menunjukkan ciri-ciri anak pintar. Anak pintar selalu tertarik dengan banyak hal. Mereka tidak hanya tertarik pada hal umum saja, tetapi juga ingin mengeksplorasi minatnya hingga lebih dalam. Mereka akan mencari tahu dan bertanya tentang banyak hal yang diminatinya. Oleh karena itu, sebaiknya Ibu menjawab segala pertanyaan yang diajukan si kecil sehingga bisa menambah pengetahuan dan wawasannya.

Detail

Dibanding dengan anak-anak pada umumnya, anak pintar seringkali memperhatikan hal yang lebih detail. Ciri-ciri anak pintar yaitu memiliki perhatian yang lebih kompleks dan detail terhadap sesuatu yang bahkan luput dari perhatian orang-orang di sekitarnya. Misalnya seperti motif baju atau merek sepatu seseorang yang dilihatnya di jalan, dan lain sebagainya..

Advertisement
Iklan Murah

Berimajinasi

Jangan heran bila melihat si kecil suka bicara sendiri atau asyik bermain sendiri. Anak pintar sangat suka berimajinasi dengan cerita yang dibuatnya sendiri. Tak hanya itu, anak pintar juga senang menuangkan imajinasi dalam bentuk tulisan atau gambar.

Berfikir selangkah lebih maju

Dibanding dengan teman-temannya, anak pintar lebih cepat dalam berfikir, bahkan memiliki pikiran selangkah lebih maju. Daya serap informasi menuju ke proses berfikir terjadi lebih cepat dibanding dengan anak lainnya. Misalnya saja keinginan si kecil untuk belajar mengendarai sepeda roda dua atau membuat mainan sendiri dibanding membeli mainan. Hal seperti ini menunjukkan anak pintar memiliki pikiran yang maju dan ingin menjadi lebih baik lagi di masa depan.

Bisa membaca dan menulis lebih awal

Ciri anak pintar yang satu ini biasanya ditunjukkan dengan rasa penasaran si kecil saat membaca huruf-huruf di buku atau lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, Ibu bisa mendukung si kecil dengan memperkenalkan anak-anak dengan buku sedini mungkin. Berikan buku-buku bergambar yang memiliki teks sedikit sesuai dengan perkembangan usianya,

Aktif

Anak yang sangat aktif dan senang bergerak kesana kemari juga menunjukkan salah satu ciri anak pintar. Namun Ibu harus bisa membedakan anak yang aktif dan juga anak hiperaktif. Anak yang hiperaktif biasanya memiliki tingkat konsentrasi yang rendah, mereka cenderung melakukan sesuatu hal yang dianggap nakal atau jahil. Berbeda dengan anak yang aktif, sekalipun mereka tidak mau diam, tetapi mereka mampu menyerap pelajaran yang diterimanya dengan baik. Ibu bisa memberikan banyak aktivitas fisik  untuk si kecil, karena baik untunk merangsang dan menumbuhkan daya kreativitas anak. (sahabatnestle.co.id/choir)

Advertisement
Iklan Murah
Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional