PortalMadura.com

Active Ageing Bagi Lansia Supaya Sehat dan Berkualitas

  • Kamis, 18 Mei 2017 | 17:33
Active Ageing Bagi Lansia Supaya Sehat dan Berkualitas
Lansia Active Ageing (Istimewa)

PortalMadura.Com – Indonesia di tahun 2020, diperkirakan akan mengalami kenaikan jumlah penduduk lanjut usia (lansia). Saat ini, jumlahnya diperkirakan sudah mencapai 20 juta lebih.

Ini berarti diantara 11 orang penduduk Indonesia terdapat 1 Lansia. Jumlah itu akan terus bertambah sehingga di tahun 2020, diprediksi berjumlah 28,8 juta (11,34%).

Data tersebut dibeberkan oleh dokter spesialis penyakit dalam, Erwin Budi Cahyono di RSI Sultan Agung, dalam siaran persnya, pada PortalMadura.Com, Kamis (18/5/2017).

Jumlah yang cukup banyak itu, lanjut Erwin, akan memicu problematika kesehatan tersendiri. Ibarat sebuah mesin, semakin lama pemakaian, akan semakin aus komponennya.

Begitupun manusia, semakin lanjut usianya, organ tubuhnya juga mengalami penurunan fungsi sehingga tak heran di usia lanjut bisa memunculkan masalah-masalah kesehatan.

“Beberapa penyakit akan muncul ketika usia semakin menua. Misalnya prevalensi penyakit degeneratif seperti kanker, stroke, dan sebagaimanya, akan meningkat,” ujarnya.

Kapolres Sumenep

Sayangnya, sampai saat ini belum ada ilmu kesehatan yang mampu menahan proses alamiah tersebut. Hanya, kata Erwin, dengan bijaksana menjalani pola makan dan gaya hidup yang sehat, insya Allah diyakini mampu memperlambat laju proses penuaan.

Active Ageing

Meski begitu, ada salah satu konsep kesehatan yang kini sedang digaungkan bagi seorang lansia yakni Active ageing. Konsep ini diterjemahkan sebagai proses optimalisasi peluang kesehatan untuk meningkatkan kualitas hidup dimasa tua.

“Active Ageing dimulai dengan konsumsi aneka ragam makanan secara bergantian untuk menurunkan kemungkinan kekurangan gizi tertentu. Makanan yang dianjurkan adalah yang kaya akan banyak mengkonsumsi makanan kaya serat, memiliki zat besi cukup atau bergantian antara sumber hewani dan nabati” imbuhnya.

Langkah berikutnya, adalah rutin melakukan aktivitas atau olahraga secara teratur.

“Jadi, active ageing adalah upaya untuk membentuk lansia yang sebelumnya inaktif menjadi aktif yang tujuan utamanya memperpanjang usia harapan hidup dalam keadaan sehat dan berkualitas” pungkasnya.(Hartono)

Ahmad zaini
Hut RI
Loading...
Advertisement
Iklan Murah
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional