PortalMadura.com

Agar Tak Matrealistis, Begini Cara Didik Anak yang Baik dan Benar

  • Minggu, 20 Agustus 2017 | 07:00
Agar Tak Matrealistis, Begini Cara Didik Anak yang Baik dan Benar

PortalMadura.Com – Menjadikan anak sebagai pribadi yang tidak matrealistis merupakan salah satu tanggung jawab orang tua agar si kecil mengerti tentang nilai-nilai kehidupan.

Apalagi di zaman teknologi seperti sekarang ini, berbagai tayangan yang ada di tv mampu mempengaruhi kehidupan anak. Jadi, sebagai orang tua harus lebih hati-hati dalam mendidik anak. Karena, sangat miris jika sejak kecil anak sudah diajarkan pada hal-hal yang menjurus pada uang.

Bukan hanya Anda sebagai orang tua yang merasa dirugikan tapi masa depan anak pun juga ikut berpengaruh. Tanamkan pada diri anak bahwa tidak semuanya yang berbau materi itu penting. Lantas, bagaimana cara mengajarkan anak agar tidak jadi sosok yang matrealistis?. Berikut triknya:

Yang paling pertama yang harus dilakukan setiap orang tua adalah mengajarkan anak untuk bersyukur. Selalu bersyukur dan berpikir positif dalam hidup akan membuat siapa saja jadi bahagia. Materialisme berasal dari keadaan ketidakpuasan atau ketidakbahagiaan, dan selalu kurang karena melihat orang lain lebih. Karena itu, bersyukur jadi poin yang sangat penting.

Selanjutnya, yang bisa dilakukan orang tua adalah dengan mengajarkan bahwa kesenangan tidak semuanya bisa diukur dengan uang atau sesuatu yang mahal. Ajarkan bahwa dengan hal yang murah atau bahkan gratis, anak-anak sudah bisa merasa fun dan bahagia. Bernyanyi atau menari bersama, menggambar atau melakukan kegiatan seni yang costless akan jadi ide yang sangat baik dibandingkan berjalan-jalan ke mall.

Mendidik anak dengan memberikan hadiah memang baik untuk memotivasi. Namun, ada kalanya ini akan membuat mereka jadi matre. Nah, alih-alih memberikan barang ada baiknya untuk memberikan reward berupa pengalaman yang tidak diukur lewat uang.

Anda bisa berjanji untuk mengajaknya piknik melihat hewan-hewan atau mungkin ke taman hiburan saat ia mendapatkan prestasi yang membanggakan. Ini akan lebih mendidik anak agar tidak matre dan mengukur segala sesuatunya lewat uang.

Setiap orang tua juga harus pandai menjaga perkataan. Jangan sampai saat anak di dekat orang tua membicarakan soal hal-hal yang menyangkut materi. Hindari pula didikan bahwa memiliki beberapa produk tertentu akan membuat mereka dikelilingi oleh lebih banyak orang.

Biasanya, Anak akan meminta hal-hal baru seperti yang dimiliki oleh teman-temannya. Tidak jarang mereka juga akan meminta orang tuanya memberikan barang yang lebih baik daripada benda-banda milik temannya.

Ajari anak untuk jadi sosok yang dermawan dan suka memberi. Anak juga cenderung akan lebih meniru orang tua mereka. Karena itu lebih baik lakukan tindakan bersedekah langsung di depan anak daripada hanya bercerita. Ajari anak untuk berbagi kue dengan tetangga, bersilaturahmi dengan berkegiatan bersama orang-orang di lingkungan rumah, dan lain sebagainya.

Mendidik anak memang butuh proses. Oleh karena itulah, setiap orang tua juga harus senantiasa bersabar dalam menanamkan nilai-nilai hidup yang baik untuk buah hati mereka. (vemale.com/Putri)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional