Ali bin Abi Thalib : Ini 7 Kunci Menuju Kebahagiaan Hidup

Avatar of PortalMadura.Com
Ali bin Abi Thalib : Ini 7 Kunci Menuju Kebahagiaan Hidup
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap manusia pasti ingin selalu hidup bahagia, hingga terkadang ada yang rela melakukan berbagai macam cara yang menurutnya bisa membahagiakan. Bahkan, banyak orang yang menganggap bahwa bahagia itu identik dengan uang dan kekayaan.

Padahal, ada beberapa hal sederhana yang bisa membuat seseorang bahagia tanpa harus bermewah-mewahan. Lantas, bagaimana cara menggapai kebahagiaan itu?.

Berikut tujuh menurut sahabat Rasulullah, :

Suka Berlapang Dada
Salah satu kunci kebahagiaan dalam hidup adalah dengan berlapang dada. Untuk itu, jauhilah prasangka yang pada akhirnya akan mengantarkan Anda pada kebencian.

Jika kebencian bercokol di hati Anda, maka rasa itu akan menutupi kebahagiaan yang sebenarnya bisa Anda rasakan dari nikmat lain yang Anda dapat. Oleh karena itu, jauhi kebencian, sekalipun kepada orang yang tidak memenuhi hak Anda.

Jangan Bersedih Secara Berlebihan
Wajar sekali jika seseorang merasa sedih karena sedang dirundung masalah, apalagi kalau masalahnya sedang berada dipuncaknya. Namun, apa jadinya kalau Anda larut dalam kesedihan?. Anda justru akan merasa semakin terpuruk dan masalah tidak kunjung terselesaikan.

Hidup Sederhana
Seperti Ali bin Abi Thalib yang selalu sederhana dalam hidupnya, maka Anda pun perlu mencontohnya. Hiduplah dalam kesederhanaan, walaupun Anda memiliki uang lebih untuk membeli sesuatu yang mewah dari apa yang Anda miliki sekarang ini.

Dengan selalu menjaga kesederhanaan, maka Anda akan terhindar dari gaya hidup yang akan membuat Anda merasa tidak pernah cukup. Misalnya, memiliki penghasilan kecil tidak cukup, dan penghasilan besar pun tidak cukup. Nah, jika selalu tidak cukup, kapan Anda bahagianya?. Jadi, sederhanalah dalam hidup.

Berbuat Kebaikan Sekalipun Banyak Musibah
Apapun musibah yang sedang Anda alami saat ini, maka tidak boleh menjadi halangan bagi Anda untuk berbuat baik. Kenapa harus terus berbuat baik?. Karena, ketika Anda melakukan kebaikan, maka Allah akan memberikan balasan atas kebaikan yang telah Anda lakukan.

Sering Bersedekah
Sebagai umat muslim, Anda perlu memperbanyak sedekah dengan memberi. Jadi, jangan karena Anda sedang susah, lalu Anda jadi pelit dengan orang lain. Justru saat sedang susah, Anda perlu lebih banyak memberi agar Allah melapangkan urusan Anda.

Suka Tersenyum Walau Hati Sedang Menangis
Saat Anda sedih karena sesuatu, dan tidak mampu membendung air mata yang mengalir dari hati Anda, maka sebelum air mata itu mengalir lewat mata, Anda bisa mengalihkan kesedihan Anda dengan tersenyum. Insya Allah ketika Anda tersenyum, minimal perasaan Anda akan jauh lebih baik.

Jangan Memutus Doa untuk Saudara Sesama Muslim
Kunci kebahagiaan hidup yang terakhir ini bermuara pada kekuatan doa. Jika Anda merasa tidak bahagia dengan ulah orang-orang di sekeliling Anda, maka doakanlah mereka agar segera diberi hidayah. Dengan begitu, Anda lebih mudah untuk menerima mereka, dan hati Anda pun akan jauh lebih tenang. (tandapagar.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.