Anak Anda Ceroboh? Lakukan Hal Ini Untuk Menanganinya!

Avatar of PortalMadura.Com
Anak Anda Ceroboh? Lakukan Hal Ini Untuk Menanganinya!
Ist.Net

PortalMadura.Com – Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menemukan anak-anak kita terkadang melakukan hal-hal yang kita anggap sebagai sebuah kecerobohan.

Mulai dari Sering menjatuhkan benda yang dipegang, menyenggol barang saat berjalan, kerap terjatuh, dan lain sebagainya. Ada beberapa faktor yang turut memicu anak menjadi pribadi yang ceroboh, yaitu faktor genetik dan kurangnya stimulus yang diberikan.

Nah, di bawah ini kami telah merangkum 5 cara yang bisa Anda tempuh dalam menangani anak Anda untuk meminimalisir kecorobohan yang dilakukannya.

Meningkatkan Keterampilan Anak
Cobalah untuk merangsang dan memberikan stimulus dengan membiarkannya mandiri. Selain dengan langkah tersebut Anda juga bisa meningkatkan keterampilan lainnya dengan melatih koordinasi gerakan motorik halus seperti belajar beladiri.

Tenang dan Sabar
Sikap tenang dan sabar haruslah Anda selalu tanamkan dan perlihatkan kepada anak Anda. Tetap beri perhatian kepada anak Anda tersebut seperti mengikat tali sepatunya yang rapih, memakai pakaian yang baik, yang bisa mengurangi resiko terjadi kecorobohan karena hal – hal tersebut. Jangan biarkan emosi menguasai diri Anda saat anak Anda melakukan kecerobohan, sehingga membuat anak Anda ketakutan dan mentalnya pun menjadi jatuh. Tetap beri anak Anda contoh yang baik saat mereka melakukan kecorobohan tersebut.

Doronglah Anak Anda Agar Terus Mencoba
Langkah tepat untuk menangani anak yang sering ceroboh dengan memberikan support untuk terus mencoba dan tidak berhenti untuk membuatnya berlatih. Cara ini bisa membuat sinkronisasi dari beberapa bagian tubuh yang berkaitan dengan gangguan pada saraf motorik halusnya tersebut.

Membagi Kegiatan dan Latihlah
Dari berbagai jenis pelatihan serta program motorik yang bisa anda berikan kepada andak anda, maka cobalah untuk membaginya ke dalam beberapa tahapan serta rangkaian yang lebih mudah.

Cari tahu apa kegiatan yang dikuasainya dan mana yan gkurang dikuasainya, kemudian setelah itu silahkan untuk mencoba membaginya ke dalam pola latihan yang sederhana dan bertahap sehingga anak anda tidak terlalu tertekan dan frustasi ketika sulit untuk melakukannya. Dengan program yang baik dan dilakukan bertahap akan mempermudah anak anda untuk terus berkembang.

Selain itu, kita sebagai orang tua mulailah membiasakan anak untuk menjadi pribadi yang lebih mandiri. (bidanku.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.