PortalMadura.com

Anak Malas Belajar? Ini Alasannya!

  • Rabu, 21 September 2016 | 07:00
Anak Malas Belajar? Ini Alasannya!
ilustrasi

PortalMadura.Com – Apakah anak Anda sangat sulit diarahkan untuk belajar dan mengerjakan tugas rumah dari sekolah? Meskipun orang tua sudah memberikan semua yang tebaik untuk anak tetapi tidak membuahkan hasil seperti yang diharapkan.

Mulai dari les tambahan hingga memberikan suplemen makanan tambahan. Tetapi sama saja, anak tetap malas belajar. Nah, berikut ini beberapa alasan yang menjadikan anak malas belajar.

Rasa Bosan
Membaca buku yang sama secara berulang bagi sebagian anak sangat membosankan. Bagi anak yang bosan, belajar lebih terasa sebagai bekerja.

Kesulitan Memahami Pelajaran
Saat anak tidak memahami apa yang dibaca, ia akan mengalami kelelahan mental untuk terus belajar. Hal ini diperburuk kondisi belajar tanpa pembimbing.

Mood yang Buruk
Rasa malas pada anak, termasuk malas belajar dapat disebabkan oleh faktor mood. Mood yang buruk cenderung kurang menanggapi ajakan dan sulit berkonsentrasi. Anak yang sedang mengalami mood yang buruk sulit untuk melakukan aktivitas yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

Advertisement
Iklan Murah

Perasaan Tertekan
Banyak anak merasa tertekan dengan tuntutan orangtua saat belajar. Anak merasa tidak mampu memenuhi harapan tinggi orangtua cenderung menolak untuk belajar. Setiap ajakan direspon sebagai perintah.

Ketidaksukaan terhadap Pelajaran Tertentu
Setiap orang termasuk anak-anak memiliki preferensi terhadap bidang tertentu. Sebagian anak tidak suka dan tidak berminat untuk mempelajari mata pelajaran tertentu. Jika ini yang terjadi, anak sama sekali tidak perhatian dengan pelajaran yang tidak menarik tersebut dan malas belajar.

Sarana atau Lingkungan yang Tidak Mendukung
Tidak tersedianya sarana atau lingkungan yang mendukung untuk belajar dapat membuat anak malas untuk belajar.

Motivasi yang Kurang
Kemalasan untuk belajar dapat disebabkan kurangnya motivasi. Anak yang kurang perhatian dari orang tua cenderung berbuat yang ia suka. Jika anak tidak pernah diarahkan dan dinasehati, maka ia merasa semua yang ia lakukan adalah hal benar dan wajar. Mengetahui cara-cara motivasi anak untuk belajar dapat menghindari masalah kemalasan belajar pada anak. (olvista.com/choir)

Advertisement
Iklan Murah
Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional