PortalMadura.com

Anak Suka Mencuri? Inilah Penyebabnya!

  • Minggu, 13 November 2016 | 07:00
Anak Suka Mencuri? Inilah Penyebabnya!
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kita tentu sangat membenci aksi pencurian. Namun bagaimana jika yang melakukannya adalah anak kita sendiri? Tentunya selain marah, kita pun menjadi takut anak jadi memiliki kebiasaan mencuri.

Nah, berikut ini beberapa penyebab anak suka mencuri.

Anak merasa jauh dari orang tua

Sehingga dengan mencuri ‘mungkin’ bisa membuat anak mendapatkan kembali perhatian orang tua. Namun tidak sedikit orang tua yang marah besar dan main tangan menghukum anak yang ketahuan mencuri. Bertentangan dengan harapan anak, hal ini bisa memicunya untuk melakukan hal yang sama atau lebih berbahaya karena merasa orang tua tidak sayang padanya.

Akibat kurangnya penanaman ilmu agama

Orang tua bisa menjadi sumber ilmu bahkan masalah pada anak. Anak yang tidak diberikan pendidikan agama, bagaimana menjadi anak yang baik, apa saja akhlak dan aqidah terpuji cenderung berbuat semaunya. Seperti lepas kontrol, menganggap semua hal disekitarnya adalah mutlak dibawah kendalinya. Sehingga mencuri bisa saja ‘sah’ menurut anak.

Perilaku menyimpang dari gangguan psikis anak

Anak yang lepas dari pengawasan orang tua cenderung berperilaku menyimpang, seperti suka mencuri dan berbohong. Ia seperti mencari contoh lain selain orang tuanya. Pengaruh dari luar keluarga, seperti acara tv bisa menjadi salah satu faktor penyebabnya. Anak bisa meniru cara mencuri dari sinetron televisi, karena mencuri dapat membuat anak memiliki barang yang tidak ia miliki sebelumnya, secara praktis.

Perilaku orang tua yang tidak lebih baik

Seperti yang disebutkan sebelumnya, orang tua bisa menjadi sumber masalah pada anak. Mencuri memang bukan penyakit genetik turun-temurun, namun besar kemungkinan anak suka mencuri adalah mencontoh orang tuanya yang suka mencuri. Jika sumber masalahnya adalah orang tua, maka tidak adil jika hanya anak saja yang dihukum. Orang tua seperti ini patut mendapat pembinaan juga.

Apa pun penyebab di balik itu, sangat penting untuk memantau perilaku anak Anda setiap saat. (asuhanak.com/choir)

loading...

Hari Jadi Pamekasan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional