Anda Ingin Hasilkan Foto dan Video Keren dari Kamera Tablet? Lakukan Cara Ini!

Avatar of PortalMadura.Com
Anda Ingin Hasilkan Foto dan Video Keren dari Kamera Tablet? Lakukan Cara Ini!
ilustrasi

PortalMadura.Com – Untuk mengabadikan momen indah tidak hanya melalui kamera smartphone. Bagi Anda yang mungkin masih menggunakan kamera yang tertanam di perangkat tablet juga bisa mengabadikan momen indah tersebut.

Layaknya smartphone, kebanyakan tablet juga sudah dilengkapi dengan spesifikasi kamera yang terbilang mumpuni. Sayangnya, bodi yang lebar membuat kebanyakan dari Anda, terutama ukuran tangan orang Asia yang lebih kecil lumayan sulit untuk menggenggamnya dengan optimal. Sehingga, yang dihasilkan pun menjadi kurang maksimal.

Untuk mengatasi hal tersebut, berikut 5 cara menghasilkan foto dan keren dari :

Tetap Stabil
Tidak seperti kamera digital dan kamera di smartphone kelas premium, kebanyakan kamera di perangkat tablet tidak dilengkapi dengan fitur image stabilization untuk mengkompensasi gerakan.

Oleh karena itu, jika Anda membidik foto dikondisi cahaya rendah, foto yang dihasilkan akan terlihat blur. Begitu pula pada saat merekam video.

Selain itu, ukuran tablet umumnya lebih besar dari kamera saku atau smartphone dan tidak memiliki handgrip, tentu hal ini membuatnya sulit untuk tetap stabil. Untuk itu, Anda harus memegang tablet dengan kedua tangan, sekaligus menyandarkan siku ke perut Anda. Langkah ini akan membantu tablet tetap stabil dan mengurangi pergerakan.

Hindari Zoom
Salah satu kesalahan paling umum saat orang menggunakan tablet untuk memotret atau merekam video adalah dengan menggunakan fitur zoom untuk memperoleh gambar yang lebih jelas.

Seperti yang diketahui, kamera tablet kebanyakan hanya dilengkapi zoom digital. Zoom gambar yang diperbesar secara digital dapat mengurangi kualitas gambar sehingga tampilan akhirnya terlihat pecah.

Sebab itu, Anda disarankan untuk tidak mengambil foto dengan zoom, lebih baik crop hasil foto yang diinginkan dengan software editing gambar atau aplikasi mobile. Hal yang sama juga perlu dilakukan saat merekam video, terlebih degradasi video lebih besar ketimbang foto.

Pilih Ukuran Tablet yang Tepat
Jika Anda berencana untuk mengambil banyak foto dan merekam video dengan tablet, cobalah untuk memilih model yang lebih kecil. Misalnya, tablet berukuran 7 atau 8 inci, bukan ukuran di atas 8 inci.

Pasalnya, dimensi bodi perangkat yang lebih kecil, mudah untuk distabilkan sehingga bisa memperoleh foto yang jauh lebih baik.

Aksesoris Pendukung
Jika Anda bersikeras untuk mengambil foto dan video dengan tablet, pertimbangkan untuk mencari aksesoris yang dapat meningkatkan kualitas foto.

Sebagai contoh, Sony sempat memperkenalkan dua kamera berbentuk lensa yaitu Cybershot DSC-QX10 dan Cybershot DSC-QX100 yang dapat terhubung dengan tablet Anda.

Keduanya, bisa dibilang sebagai kamera digital tanpa layar berdesain lensa karena di dalamnya terbenam sensor berkualitas tinggi. Bahkan dilengkapi fitur optical image stabilization dan optical zoom. Aksesori lain yang mungkin bisa membantu Anda adalah tripod dan mount.

Jangan Andalkan Flash
Pada umumnya, kamera pada tablet tidak dilengkapi flash. Tapi saat ini, ada beberapa tablet kelas premium, terutama beberapa model baru dari Samsung mulai menghadirkan flash pada kamera utamanya.

Namun, flash yang disematkan tidak seperti yang ada pada kamera saku digital. Cahaya yang dipantulkan sangat lemah dan jangkaunnya pun kurang luas. Saat ingin membidik objek, lebih baik Anda mencari lokasi dengan kondisi pencahayaan yang bagus. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.