Anda Ingin Hidup Mandiri? Kuasai 6 Keterampilan Dasar Ini

Avatar of PortalMadura.Com
Anda Ingin Hidup Mandiri? Kuasai 6 Keterampilan Dasar Ini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Hidup sendiri jauh dari orang tua atau keluarga membuat Anda harus bisa mandiri dan melakukan semua hal sendiri. Saat ini, karena kecanggihan teknologi semua hal bisa dilakukan secara online tanpa harus susah payah sendiri meskipun dengan budget yang lumayan besar.

Namun agar hidup hemat dan juga lebih sehat, Anda harus mempunyai beberapa dasar sebagai bekal hidup di perantauan. Apa saja?.

Berikut ulasannya:

Menjahit dengan Tangan
Meskipun reparasi pakaian bisa dijangkau dengan mudah dan dengan harga yang terjangkau pula, akan lebih praktis jika Anda bisa membetulkan sendiri kancing baju yang lepas atau celana yang koyak.

Memasak
Jika Anda ingin menghemat biaya makan, memasak sendiri merupakan keterampilan yang perlu Anda kuasai. Menyiapkan makanan untuk tiga kali sehari di satu waktu bisa menghemat biaya hidup bulanan cukup banyak, lho.

Ganti Tabung Gas
Kalau Anda rajin memasak, tentunya Anda juga harus bisa mengganti tabung gas sendiri. Pastikan keselamatan dengan menempatkan tabung di tempat yang memiliki sirkulasi udara baik.

Ganti Bola Lampu
Mengganti bola lampu merupakan keterampilan sangat sederhana, namun tidak sedikit wanita yang tidak bisa melakukannya.

Cuci Baju
Bisa jadi mencucikan pakaian dalam jumlah banyak sekaligus di laundry memang lebih praktis. Tetapi ada kalanya Anda harus segera mencuci baju yang ternoda. Apa lagi kalau urusan pakaian dalam. Tentunya lebih pantas jika dicuci sendiri.

Menyetir
Bisa membawa kendaraan sendiri itu cukup penting, lho. Terutama kalau Anda tinggal sendiri dan perlu menjangkau banyak tempat.

Itulah beberapa keterampilan dasar yang sebaiknya dikuasai jika ingin tinggal mandiri. (merdeka.com/Desy )

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.