Anda Masih Susah Bangun Untuk Melaksanakan Salat Tahajud? Yuk, Terapkan Tips Berikut!

Avatar of PortalMadura.Com
Anda Masih Susah Bangun Untuk Melaksanakan Salat Tahajud? Yuk, Terapkan Tips Berikut!
ilustrasi (hijabnesia.com)

PortalMadura.Com – Bagi umat Muslim, ibadah malam sangatlah dianjurkan oleh agama. Salah satu ibadah malam yang paling efektif untuk berkomunikasi dengan Allah SWT adalah tahajud.

Namun karena kesibukan, banyak dari umat Muslim yang merasa enggan dan malas untuk melaksanakannya. Padahal ganjaran yang diperoleh sebanding dengan pengorbanan Anda untuk bangun melaksanakan salat tahajud. Selain itu, salat tahajud juga merupakan bukti rasa syukur kita kepada Allah SWT. Salah satu faedahnya adalah bisa membangkitkan semangat bekerja dan melakukan aktivitas keesokan harinya.

Diriwayatkan Aisyah r.a, ia berkata: “Rasulullah mengerjakan salat malam hingga bengkak kedua telapak kaki beliau,lalu aku katakan kepada beliau,'Mengapa engkau melakukan seperti ini, ya Rasulullah, padahal dosamu yang lalu maupun yang akan datang telah diampuni oleh Allah? ‘Beliau menjawab,'Apakah aku tidak boleh menjadi hamba Allah yang bersyukur?”, (HR Bukhori VIII/449 dan Muslim 2819 dan 2820).

Berikut delapan cara yang bisa Anda lakukan supaya bisa bangun malam untuk salat tahajud:

Usahakan Anda Tidur Pada Pukul 10 Malam
Kenapa jam 10 Malam?. Waktu tidur manusia itu beda-beda, tapi kebanyakan manusia biasanya tidur 5 sampai 6 jam. Jika Anda rutin tidur jam 10 malam, maka kemungkinan Anda akan bangun sekitar pukul 2 atau 3 malam. Dengan begitu, Anda bisa melaksanakan salat tahajud di waktu itu.

Jangan Makan Berlebihan di Atas Pukul 8 Malam
Makan berlebihan diatas pukul 8 malam, akan membuat Anda malas untuk bangun tidur, apalagi dengan kondisi makanan yang belum sepenuhnya dicerna.

Umumnya, manusia membutuhkan waktu 4 jam untuk mencerna makanan. Jadi, usahakan Anda makan malam 4 jam sebelum jam 10 atau setidaknya jangan terlalu mepet ke jam tidur Anda (jam 10 malam).

Buka Ventilasi Udara, Agar Kamar Menjadi Sejuk
Jika Anda tidur dalam posisi kamar yang pengap dan panas, tentu saja akan membuat Anda sulit untuk tidur dan tidak nyaman. Sehingga usahakan kondisi ruangan yang dingin atau sejuk supaya Anda lebih rileks dan nyaman untuk tidur.

Nantinya ketika Anda bangun, Anda juga akan merasa segar karena cukup banyak oksigen yang masuk dalam ruangan Anda.

Siapkan Alarm, Karena Itu Akan Membantu Membangunkan Anda
Percaya atau tidak, sebenarnya dengan Anda niat bangun salat tahajud itu aja, insyaAllah Anda pasti bangun. Tetapi supaya lebih aman, Anda juga lebih baik menyiapkan alarm yang akan membantu membangunkan Anda. Sehingga Anda tidak akan terlewat untuk melaksanakan salat tahajud.

Siapkan Semangkok Air Dingin dan Sapu Tangan di Samping Tempat Tidur
Air dingin dan sapu tangan akan membantu Anda untuk membuka mata yang biasanya masih lengket dan susah untuk bangun. Sehingga, mata Anda akan menjadi lebih segar dan siap untuk melaksanakan salat tahajud.

Anda Bisa Tidur Siang, Untuk Menambah Waktu Tidur Anda
Ternyata, tidur siang itu juga penting buat Anda. Tidak Cuma tidur malam aja. Dengan tidur siang, akan membantu Anda untuk terjaga salat malam, dan waktu tidur yang Anda gunakan di waktu malam dapat Anda ganti di waktu siang hari. Walaupun hanya sebentar tidur siang patut Anda coba.

Usahakan Untuk Minum Segelas Air Putih Sesudah dan Sebelum Tidur
Air putih sangat penting untuk melancarkan sistem metabolisme tubuh, serta kandungan oksigen dalam air putih membuat tubuh lebih segar dan rileks ketika bangun.

Bagi Anda yang masih merasa pusing ketika bangun, Anda bisa mencoba menghilangkan rasa pusing itu dengan meminum segelas air putih.

Biasakan Rutin Melaksanakan Salat Tahajud Selama Sebulan atau Lebih, InsyaAllah setelahnya Anda Tidak Akan Kesulitan Untuk Bangun Lagi
Dengan melaksanakan semua hal di atas selama sebulan atau lebih, Anda telah berusaha merubah jam biologis Anda dan membiasakan diri untuk melaksanakan salat tahajud. Di awal pasti susah dan sangat malas. Namun ketika Anda berhasil untuk melawan rasa malas itu, Anda akan terbiasa dan sudah tidak enggan lagi untuk melaksanakan salat tahajud. (musmus.me/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.