Anda Suka Bercinta? Lakukan 5 Tes Kesehatan Ini

Avatar of PortalMadura.Com

PortalMadura.Com memang merupakan salah satu kebutuhan biologis manusia yang juga harus dipenuhi. Namun, aktifitas yang menyenangkan ini, juga bisa dikatakan sebagai salah satu ajang penularan virus berbagai macam .

Penyakit-penyakit berbahaya pun bisa tertular lewat bercinta. Untuk itu, Anda perlu melakukan beberapa tes kesehatan jika Anda suka bercinta.

Sebelum terlambat tentunya bagi Anda yang sudah aktif bercinta, Anda harus tahu pemeriksaan kesehatan apa saja yang sebaiknya Anda lakukan. Berikut adalah daftar penyakit yang dapat ditimbulkan:

Herpes Simpleks
Infeksi virus herpes simpleks (HSV) tipe II adalah infeksi virus yang umumnya dapat terlihat pada kemaluan seseorang, dan ditularkan melalui bercinta.

Setelah infeksi primer, HSV akan menjadi laten (menetap) di sel saraf dan apabila kondisi Anda sedang drop atau kekebalan tubuh menurun, maka HSV dapat kambuh kembali.

Hingga saat ini belum ada terapi yang dapat memberikan kesembuhan total terhadap infeksi virus herpes simpleks. Akan tetapi pemberian obat antivirus tertentu (seperti asiklovir, valasiklovir, famsiklovir) dapat membantu memendekkan durasi penyakit dan memperpanjang interval kekambuhan.

HIV
HIV (Human Imunodeficiency Virus) merupakan suatu infeksi virus yang dapat melemahkan sistem pertahanan tubuh dengan mengahancurkan sel darah putih khusus untuk pertahanan tubuh.

AIDS merupakan penyakit akibat virus HIV. HIV umumnya ditularkan melalui kontak langsung antara membran mukosa atau aliran darah, dengan cairan tubuh yang mengandung HIV, seperti darah, air mani, cairan vagina, dan ASI.

Penularan dapat terjadi melalui hubungan intim, transfusi darah, jarum suntik yang terkontaminasi, antara ibu dan bayi selama kehamilan, bersalin, atau menyusui, serta bentuk kontak lainnya dengan cairan-cairan tubuh tersebut.

VDRL
Serologi uji untuk sifilis (VDRL) adalah suatu pemeriksaan untuk mengetahui infeksi Treponema pallidum, penyebab penyakit Sifilis.

Positifnya hasil pemeriksaan ini apabila terjadi secara akut, selain disebabkan infeksi virus, bakteri, imunisasi, parasit malaria, dan kronik juga dapat disebabkan oleh SLE, penyakit kardiovaskular dan gangguan autoimun. Karena 70% penderita penyakit ini adalah wanita, maka seluruh hasil pemeriksaan positif harus dikonfirmasi dengan pemeriksaan TPHA.

Pap Smear
Pap smear adalah tes yang dilakukan untuk melihat adanya perubahan yang tidak wajar di serviks (benda berbentuk tombol di rahim yang menaungi bayi ketika kehamilan) dan dilakukan oleh tenaga kesehatan yang telah berpengalaman.

Sampel cairan atau lendir di serviks diambil dengan memasukkan sebuah batang olesan berujung kapas, dan memutarnya di permukaan serviks. Pap smear digunakan untuk mendeteksi apakah ada kanker mulut rahim/serviks atau infeksi.

Hepatitis C
Kematian akibat infeksi hepatitis C kini terus meningkat, bahkan melebihi kematian akibat HIV. Faktor penyebabnya adalah karena kebanyakan orang tidak menyadari dirinya terinfeksi virus hepatitis C.

Hepatitis C menular melalui penggunaan jarum suntik yang tidak steril, dari transfusi darah, serta bercinta. Pada beberapa kasus, penularan juga bisa terjadi dari ibu ke janin. Bagaimana pun deteksi dini dan intervensi penyakit Hepatitis Kronis lebih murah dan menyelamatkan nyawa.

Itulah ke lima tes kesehatan yang harus Anda lakukan, jika Anda suka berhubungan seksual. (merdeka.com)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.