Anda Tahu Reflektor Mobil? Ini Fungsi Utama yang Perlu Diketahui

Avatar of PortalMadura.Com
Anda Tahu Reflektor Mobil? Ini Fungsi Utama yang Perlu Diketahui
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Lampu reflektor biasa dikenal dengan sebutan lampu tambahan. Awalnya, lampu reflektor hanya dimiliki oleh -mobil Eropa. Namun seiring dengan tren mobil masa kini, mobil Jepang pun turut ikut menyematkannya.

Lampu yang terletak di bagian bumper belakang atau menyambung dengan rearlamp ini banyak orang yang belum tahu fungsi utamanya. Padahal, fungsi ini perlu diketahui untuk keselamatan para pengguna jalan.

Dilansir PortalMadura.Com Sabtu (25/2/2017) pada laman viva.co.id, menurut Service Advisor bengkel resmi Honda Jakarta, Ali, reflektor memiliki fungsi penting pada sebuah mobil. Yakni, sebagai indikator keberadaan mobil saat tengah melesat di malam hari.

“Kalau hujan juga (berfungsi), karena mobil rata-rata menyalakan lampu jika hujan lebat, terutama di tol dan reflektor ini dapat membantu pengendara lain melihat,” ujarnya.

Ali menambahkan bahwa lampu reflektor memiliki dimensi yang beragam, tergantung pabrikan. Lampu ini terkadang juga dapat difungsikan sebagai lampu senja, sekaligus lampu rem dengan beberapa langkah sentuhan modifikasi.

“Ini juga bisa menjadi pemanis atau aksen. Intinya agar lebih terlihat saat terkena pancaran lampu sebagai penanda pengendara lain bahwa ada mobil di depannya” katanya. (viva.co.id/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.