Android Anda Lemot? Ini 5 Tips Jitu Atasinya

Avatar of PortalMadura.com
Android Anda Lemot? Ini 5 Tips Jitu Atasinya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Ketika Android yang Anda gunakan tiba-tiba menjadi lambat, tentu hal ini akan membuat Anda merasa kesal dan terganggu. Apalagi pada saat benar-benar dibutuhkan, pastinya membuat semua urusan bisa terhambat atau bahkan berantakan.

Salah satu hal yang menjadi penyebabnya karena Android digunakan terlalu lama dan berlebihan sehingga mengakibatkan smartphone panas dan kinerja aplikasi melambat. Tidak hanya itu, terlalu banyak menjalankan aplikasi dalam satu waktu juga dapat mempengaruhi lambatnya smartphone Anda.

Jika hal ini terjadi terus-menerus, lantas Anda akan menggantinya yang baru?. Tidak, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk membuat Android Anda kembali berjalan dengan lancar. Berikut 5 tips untuk mengatasinya:

Hapus Aplikasi Tidak Terpakai
Android tentu sangat membantu memenuhi segala kebutuhan penggunanya. Gara-gara sifatnya yang multitasking, pengguna sering mengunduh banyak aplikasi di perangkat Android mereka, padahal mungkin aplikasi itu hanya sesekali dipakai.

Rupanya, data aplikasi itu masih tersimpan di app drawer dan membuat kinerja ponsel jadi lambat karena memakai sumber CPU dan berjalan di background ponsel.

Selain itu, aplikasi tersebut juga mengambil ruang memori. Alhasil, ponsel jadi lambat. Cara terbaik mengatasi hal ini adalah menghapus atau meng-uninstall aplikasi yang tidak dipakai. Kalau Anda membutuhkan aplikasi tersebut, Anda bisa mengunduh kembali melalui Google Play. Semudah itu, dan kinerja Android Anda pasti makin lancar.

Bersihkan Ruang Penyimpanan Internal
Kalau Anda tidak pernah membersihkan ponsel, imbasnya adalah ruang penyimpanan internal jadi makin sempit karena begitu banyak data yang menumpuk di dalamnya.

Contohnya Anda mengunduh sebuah file film, file ini akan secara otomatis disimpan pada folder Download yang ada di ruang penyimpanan internal.

Kalau Anda tidak memindahkan atau menghapusnya setelah menonton, tentunya ruang penyimpanan di ponsel makin berkurang, kinerja Android pun jadi lambat. Cara terbaik adalah dengan membersihkan (menghapus) file atau data yang tidak lagi dibutuhkan.

Anda juga bisa memindahkan file tersebut ke ruang penyimpanan eksternal (memory card/ micro SD card) sehingga ruang penyimpanan lebih lega. Usahakan juga untuk menghapus file residu dari aplikasi yang sudah Anda hapus sebelumnya.

Penting diingat, saat Anda masuk ke memori internal dan ada folder atau file yang tidak Anda ketahui apa gunanya, lebih baik hapus file tersebut.

Bersihkan Data Cache

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.