Angka Buta Aksara di Kabupaten Sumenep Capai 57.850 Orang

Avatar of PortalMadura.Com
Angka Buta Aksara di Kabupaten Sumenep Capai 57.850 Orang
Misbahul Munir

PortalMadura.Com, di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur masih terhitung tinggi yakni sekitar 57.850 orang atau 43 persen dari total 134.540 buta aksara.

“Sejak tahun 2011 hingga sekarang sudah terentaskan 57 persen atau 76.687 buta aksara di Sumenep melalui program keaksaraan fungsional (KF),” ungkap Kabid Pendidikan Luas Sekolah (PLS) Disdik Sumenep, Misbahul Munir, Rabu (7/9/2016).

Data buta aksara di Kabupaten ujung timur Pulau Madura ini diperoleh dari hasil sensus badan pusat statistik (BPS) tahun 2010. Pada tahun 2011, Sumenep marupakan kabupaten tertinggi kedua buta aksara di Jawa Timur.

“Sampai saat ini masih belum ada rilis resmi lagi dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur terkait kabupaten mana yang memiliki warga buta aksara tertinggi,” ucapnya.

Ia menyampaikan, agar warga yang buta aksara tersebut tetap melek aksara, pihaknya memberikan program lanjutan berupa usaha mandiri dengan memberi keterampilan usaha seperti diantaranya membuat kue dan budi daya ikan darat.

“Saat melaksanakan usaha manduri itu, mereka ditekan tetap melek dengan cara membaca resep kue atau kegiatan lain yang berhubungan dengan usaha mandiri itu,” imbuhnya. (arifin/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.