Angka Pengangguran di Sampang Semakin Meningkat

Avatar of PortalMadura.Com
Angka Pengangguran di Sampang Semakin Meningkat

PortalMadura.Com, – Kurang lebih 3 tahun masa kepemimpinan Bupati Sampang KH. Fannan Hasib dan Wakil Bupati Fadhilah Budiono, tingkat pengangguran terbuka (TPT) mengalami peningkatan.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) setempat, tahun 2014 jumlah pengangguran di Sampang, Madura, Jawa Timur mencapai 2,22 persen dari jumlah penduduk.

Sedangkan untuk tahun 2015 mengalami peningkatan sebanyak 2,51 persen.

Anggota Komisi II DPRD Sampang, Mohammad Subhan mengatakan, output lulusan sekolah maupun perguruan tinggi tidak seimbang dengan input atau lowongan pekerjaan yang tersedia.

“Musuh terbesar kita saat ini bukanlah teroris, tetapi musuh yang sesungguhnya adalah pengangguran yang merajalela. Ini menjadi PR bupati dengan sisa waktu yang ada,” katanya, Sabtu (23/7/2016).

Ia mengatakan target indikator kinerja Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang merupakan dokumen perencanaan pembangunan daerah untuk jangka periode selama lima tahun adalah angka realistis, bukan pesimistis.

“Kami ingin target yang dicanangkan bupati saat ini bukan hanya pada angka, bukan hanya mendapat pekerjaan sesaat, tapi benar-benar bisa bekerja dan mandiri untuk jangka panjang,” tegasnya.

Hal yang sama di sampaikan Wakil Ketua Komisi II DPRD Sampang A. Khairul Fattah, solusi tepat guna meminimalisir angka pengangguran dengan menggencarkan program padat karya dan memberikan sejumlah kegiatan pelatihan bagi wirausaha baru.

Melalui program tersebut, dinilai akan dapat meningkat jumlah pekerja yang berkualitas dibidangnya.

“SDM menjadi tonggak utama dalam mengurangi pengangguran. Jadi dengan SDM yang mempuni dan disertai lapangan pekerjaan yang luas maka tak ayal Sampang akan mengurangi jumlah pengangguran, bukan meningkat seperti saat ini,” tandasnya.(lora/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.