Antisipasi Banjir Susulan, Warga Gunggung Sumenep Bersihkan Saluran Air

Avatar of PortalMadura.Com
Antisipasi Banjir Susulan, Warga Gunggung Sumenep Bersihkan Saluran Air
Gotong Royong

PortalMadura.Com, – Mengantisipasi terjadinya banjir berkepanjangan, warga Dusun Cangcangan, Desa Gunggung, Kecamatan Batuan, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, membersihkan saluran air secara gotong royong, Rabu (1/3/2017).

Saluran air yang dibersihkan itu dinilai salah satu penyebab terjadinya banjir. Saluran air tersebut tersumbat sampah, akibatnya air tidak mengalir dengan lancar dan akhirnya meluap ke lahan pertanian dan pemukiman warga.

“Ini merupakan inisiatif warga sendiri. Karena, terjadinya banjir selama ini disebabkan oleh saluran air yang tersumbat. Ini sangat merugikan para petani,” kata warga Desa Gunggung, Yazid.

Ia menyampaikan, saluran air tersebut tidak hanya tersumbat sampah, tapi sudah terjadi penangkalan sehingga warga menambah kedalaman saluran air tersebut.

“Kami tidak mungkin hanya menunggu program pemerintah, karena selama ini sudah sering terjadi banjir, tapi belum ada penanganan cepat dari pemerintah,” tudingnya.

Warga berharap ada penanganan serius dari Pemerintah Sumenep, agar warga sekitar yang notabene sebagai petani tidak lagi mengalami kerugian. Karena banyak padi yang tergenang air banjir tersebut.

“Kami berharap Pemerintah cepat turun tangan. Jangan menunggu musim tanam padi saat panen kedua nanti kembali gagal,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Sumber Daya Air Pemkab Sumenep, Eri Susanto berjanji akan segera merehabilitasi saluran air untuk mengurangi bencana banjir.

“Tahun ini kami akan melakukan perbaikan saluran air disejumlah lokasi, supaya tanaman padi tidak lagi tergenang air saat terjadi hujan lebat,” janjinya. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.