Antisipasi Kekurangan Air Bersih, BPBD Sumenep Programkan Pipanisasi

Avatar of PortalMadura.com
Antisipasi Kekurangan Air Bersih, BPBD Sumenep Programkan Pipanisasi
Ilustrasi

PortalMadura.Com, – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, optimis kekeringan pada musim kemarau tahun ini tidak menyebabkan warga kekurangan air bersih. Pasalnya BPBD bekerjasama dengan Dinas PU Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman & Cipta Karya setempat melakukan pengeboran sumur dan pipanisasi diwilayah yang kerap terjadi kekurangan air bersih.

“Kami yakin pada musim kemarau tahun ini tidak akan terjadi kekurangan air bersih diwilayah yang tahun-tahun sebelumnya terjadi kekurangan air. Karena kami bersama Cipta Karya bersinergi melakukan pipanisasi,” ungkap Kabid Kesiapsiagaan dan Tanggap Darurat , R Syaiful Arifin, Kamis (23/3/2017).

Selama ini, katanya, air bersih dimusim kemarau menjadi salah satu persoalan masyarakat diwilayah yang sering terjadi kekeringan. Untuk itu, pihaknya bersama instansi terkait terus melakukan inventarisasi daerah-daerah yang memungkinkan untuk dilakukan pengeboran sumur dan pipanisasi.

“Memang ada daerah yang selama ini belum terpenuhi kebutuhan air disaat musim kemarau, seperti di satu dusun di Batang-batang dan kami akan mencoba melakukan pengeboran dan pipanisasi didaerah itu,” terangnya.

Pihaknya berjanji akan terus melakukan inventarisasi daerah yang sangat membutuhkan pipanisasi air tersebut. Selain dinas terkait, ia juga telah berkoordinasi dengan kepala desa setempat untuk memaksimalkan itu.

“Kalau di kecamatan , tahun kemarin sudah dilakukan pipanisasi dibeberapa daerah rawan kekeringan,” tegasnya. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.