Astaghfirullah, Dahsyatnya Siksa Neraka Bagi Orang Yang Tidak Berpuasa Tanpa Uzur Syar’i

Avatar of PortalMadura.Com
Astaghfirullah, Dahsyatnya Siksa Neraka Bagi Orang Yang Tidak Berpuasa Tanpa Uzur Syar'i
ilustrasi

PortalMadura.Com – Puasa Ramadan hukumnya wajib bagi kaum muslim yang sudah baligh. Akan tetapi, saat ini begitu mudah kita jumpai sebagian umat muslim meninggalkan amalan ini baik yang sembunyi-sembunyi maupun secara terang-terangan tanpa uzur syar’i (halangan yang dapat diterima berdasarkan ajaran Islam).

Tidak berpuasa Ramadan tanpa uzur syar’i merupakan dosa besar. Pelakunya pun diancam dengan siksa neraka. Rasulullah ditunjukkan oleh Allah SWT melalui malaikat-Nya, bagaimana siksa neraka untuk orang-orang yang tidak berpuasa. Sebagaimana dalam sebuah hadis sahih yang diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah, bahwa Rasulullah bersabda tentang keadaan penghuni neraka yang diperlihatkan kepada beliau.

“Aku melihat orang-orang yang tergantung di tumit-tumit mereka, tulang rahang mereka pecah dan meneteskan darah. Siapa mereka?. Beliau menjawab, orang-orang yang berbuka (membatalkan puasa) sebelum halal bagi mereka untuk berbuka,” (HR. Ibnu Khuzaimah).

Bagi orang yang tidak berpuasa Ramadan tanpa alasan yang bisa dibenarkan, maka termasuk perbuatan maksiat. Dalam hadis lain riwayat Ibnu Hibban, Rasulullah pernah diperlihatkan siksaan untuk orang yang sengaja meninggalkan puasa tanpa alasan uzur syar’i.

“Dia digantung dengan mata kakinya (terjungkir), pipinya sobek, dan mengalir darah,” (HR. Ibnu Hibban).

Demikianlah ancaman dan siksa mengerikan untuk orang yang tidak berpuasa. Namun, bagi kaum muslim yang berpuasa atas dasar iman kepada Allah SWT dan ikhlas semata mengharap pahala dari-Nya, maka akan memperoleh ampunan atas dosa-dosa hamba tersebut yang telah lalu.

Sebagaimana sabda Rasulullah: ” Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadan atas landasan iman dan mengharap pahala dari sisi Allah, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Selain itu, bagi umat Islam yang menunaikan puasa, Allah menyediakan kegembiraan ketika kelak hamba tersebut berjumpa dengan-Nya. Bahkan Allah juga menyediakan satu pintu khusus di surga bernama Ar Rayyan bagi hamba-hamba-Nya yang termsuk golongan ahli puasa. (kabarmakkah.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.