Awal Pekan, Harga Cabai Kecil Biasa di Pasar Tradisional Sumenep Kembali Naik

Avatar of PortalMadura.Com
Awal Pekan, Harga Cabai Kecil Biasa di Pasar Tradisional Sumenep Kembali Naik
Ilustrasi dok. kompas

PortalMadura.Com, kecil biasa di Pasar Tradisional Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, pada awal pekan ini kembali naik, setelah pekan lalu juga naik. Untuk saat ini tembus Rp 40 ribu dari sebelumnya seharga Rp 35 ribu per kilogram.

“Untuk cabai kecil saat ini memang para petani masih belum panen, jadi sangat wajar kalau akan terjadi kenaikan harga,” jelas Kabid Perdagangan, , Sukaris, Senin (17/7/2017).

Selain cabai kecil biasa, katanya, daging ayam kampung juga naik, pada pekan lalu seharga Rp 75 ribu, kini menjadi Rp 80 ribu per kilogram dan telur ayam ras juga naik, pada pekan lalu seharga Rp 20 ribu, menjadi Rp 21 ribu per kilogram.

“Ada tiga komoditas yang mengalami kenaikan pada awal pekan ini diantaranya cabai kecil biasa, daging ayam kampung dan telur ayam ras,” jelasnya.

Ia menyampaikan, ada sebagian komoditas yang juga mengalami penurunan harga diantaranya bawang merah, semula Rp 30 ribu menjadi Rp 28 ribu per kilogram, daging ayam broiler semula Rp 32 ribu menjadi Rp 30 ribu per kilogram dan kentang semula Rp 15 ribu menjadi Rp 14 ribu per kilogram.

“Untuk tiga komoditas yang mengalami penurunan harga itu kisaran Rp 1-2 ribu per kilogram. Memang biasa terjadi, ada yang naik dan ada yang turun,” katanya.

Selain itu, lanjut Sukaris, sebagian komoditas terpantau stabil seperti beras jenis Ir 64 medium Rp 9.500, jenis ir desa Rp 8.500 per kg, gula pasir dalam negeri Rp 12.500, minyak goreng curah Rp 12.000, daging sapi murni Rp 110 ribu, dan telur ayam kampung Rp 38.400.

Cabai merah besar Rp 15 ribu per kg, bawang putih Rp 26 ribu per kg, kol/kubis Rp 5 ribu per kg, kentang Rp 14 ribu, tomat Rp 5 ribu, wortel Rp 14 ribu, bunciz Rp 8 ribu dan kelapa Rp 7 ribu per buah. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.