Begini Cara Memilih Idola Yang Tepat Bagi Anak Remaja

Avatar of PortalMadura.Com
Begini Cara Memilih Idola Yang Tepat Bagi Anak Remaja
ilustrasi

PortalMadura.Com – Usia merupakan usia yang rentan terhadap pengaruh-pengaruh positif maupun negatif. Pengaruh-pengaruh tersebut meliputi banyak hal, misalnya : tatanan rambut, model baju, musik, gambar, dan perilaku. Ada dua faktor yang menjadi pengaruh utama kehidupan remaja yaitu kelompok dan idola.

Idola ternyata memberikan pengaruh yang besar terhadap remaja, apalagi jika idola tersebut merupakan tokoh dalam masyarakat (public figure), artinya mampu menarik minat yang besar sejumlah orang dalam jumlah yang besar pula. Bagi remaja, idola adalah sosok yang mampu memberikan inspirasi tentang kehidupan yang memberdayakan dan sentuhan-sentuhan emosional yang mampu memberikan penguatan.

Bagi orang tua yang memiliki remaja, perlu sekali mengetahui potensi yang dimiliki sang buah hati, cita-cita dan harapannya secara individu atau secara umum. Remaja perlu didampingi oleh orang tua untuk mengembangkan dirinya, termasuk memberikan nasehat, masukan, bahkan kritikan, mengenai sosok seperti apa yang lebih pantas diidolakan.

Seseorang yang pantas menjadi idola karena telah menginspirasi orang yang mengidolakannya. Misalnya, almarhum Bob Sadino, yang menjadi seorang tokoh idola karena telah menginspirasi banyak orang untuk berwirausaha. Bisa juga Ippho Santoso, masih muda tapi sudah menginspirasi banyak anak muda untuk berwirausaha dan bersedekah.

Tapi ternyata tidak selalu tokoh idola memberikan inspirasi atau pengaruh yang positif kepada penggemarnya. Contohnya, banyak orang yang mengidolakan artis terkenal hanya karena artis tersebut cantik atau ganteng. Celakanya, kebanyakan dari mereka adalah anak-anak remaja.

Mereka meniru tokoh idolanya yang sering dilihat di TV, baik cara berpakaian, berkelakuan, bahkan cara berbicara. Beberapa diantaranya pernah bermasalah dengan narkotika, kehidupan malam dan gonta ganti pasangan, tapi tetap di idolakan.

Jika anak-anak remaja kita bisa lebih cerdas dalam memilih tokoh idola mereka, pasti bangsa ini akan lebih maju. Banyak kok tokoh idola yang inspiratif dan pantas dijadikan panutan. Orang yang terdekat dari lingkungan, yakni orang tua, juga harus mampu menjadi idola bagi anak remajanya. Ketika itu telah berhasil, maka itu sudah menjadi kesempatan terbaik untuk menancapkan pengaruh karakter yang benar, sesuai dengan ajaran agama yang diyakini. (makassarterkini.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.