Begini Cara Mudah Rawat Wiper Mobil Agar Awet

Avatar of PortalMadura.com
Begini Cara Mudah Rawat Wiper Mobil Agar Awet
ilustrasi

PortalMadura.Com – Memiliki kendaraan terutama mobil bukan hanya sekadar isi bensin dan berkendara, tapi juga perlu perawatan. Salah satu komponen mobil yang harus selalu diperhatikan dan wajib dalam kondisi prima yaitu karet wiper.

Sebab, komponen yang satu ini sangat diandalkan, terutama ketika hujan turun guna menyapu kotoran dan air. Masalahnya, kondisi cuaca saat ini tidak menentu. Terkadang hujan dan beberapa kesempatan sangat panas oleh terik matahari. Hal ini tentu bisa memengaruhi kinerja beberapa komponen di mobil, khususnya karet .

Pasalnya, wiper bisa kaku atau struktur karetnya sudah berubah karena efek dari terpapar sinar matahari dalam waktu lama. Kondisi kaca yang panas membuat wiper semakin cepat mengeras dan bisa membuat kaca tergores ketika digunakan.

“Efek panas kaca mobil yang diparkir di bawah matahari membuat karet wiper di mobil bisa cepat mengeras,” kata mekanik di Auto2000 Yos Sudarso Jakarta, Abdul Rohman.

Untuk mengakali kondisi ini sangat mudah, yakni dengan cara mengangkat wiper ketika sedang diparkir di bawah terik matahari.

Baca: Kenali Manfaat Berdirikan Wiper Mobil Saat Terparkir

Menurut Abdul, cara ini bisa menghindari karet wiper bersentuhan dengan kaca mobil yang panas. Sehingga, karet wiper tidak cepat mengeras. Selain itu, usia pakai wiper juga harus diperhatikan. Dengan begitu, kaca mobil juga aman dari goresan karet yang mengeras. (metrotvnews.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.