Begini Syarat Anak Autis Jika Ingin Belajar di Sekolah Umum

Avatar of PortalMadura.com
Begini Syarat Anak Autis Jika Ingin Belajar di Sekolah Umum
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagian orang tua lebih tertarik untuk memasukkan anak pengidap autisme ke sekolah khusus daripada menyekolahkan di . Karena menurut mereka, sekolah yang khusus menangani anak dengan autisme akan lebih mudah menerima materi. Padahal, anak dengan autisme tetap bisa bersekolah di sekolah umum.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar dapat bersekolah di sekolah umum. Seperti yang dijelaskan Dessy Arnas selaku professional Image Coach President Elect ICF Jakarta, anak berkebutuhan khusus dapat belajar di sekolah umum tapi harus selalu mendapatkan pendampingan. Agar mereka dapat merasakan situasi atau suasana seperti di lingkungan rumah.

“Saya lebih suka anak – anak bergaul di sekolah umum. Karena sekarang mereka bisa diterima di sekolah umum. Nantinya mereka pun akan masuk kepada lingkungan umum. Kemampuan bersosialisasi itu harus dilatih sejak dini,” ujarnya.

Ciri – ciri anak autis sudah dapat beradaptasi dan menerima orang lain adalah jika mereka sudah bisa memperhatikan kita. Tingkat adaptasi setiap anak memang berbeda – beda, bagi orang tua harus lebih dahulu memperhatikan anak autis Anda, dengan begitu si kecil dapat dengan mudah memperhatikan kembali.

“Dengan membiasakan diri di lingkungan umum, anak autis bisa dapat dengan mudah beradaptasi. Karena, masih menurutnya, yang menjadi kesulitan bagi anak autis adalah bagaimana beradaptasi dengan lingkungan baru dan sekitarnya,” tutupnya.(vemale.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.