Bekraf Ajak Usaha Kreatif Daftar Database Bisma

Avatar of PortalMadura.Com
Bekraf Ajak Usaha Kreatif Daftar Database Bisma
Ist. Bekraf

PortalMadura.Com () mengajak para pelaku usaha kreatif di seluruh provinsi di Indonesia untuk mendaftarkan diri dalam database resmi BEKRAF lewat . BISMA adalah kepanjangan dari BEKRAF Information System on Mobile Application yang sudah diluncurkan penggunaannya pada BEKRAF Developer Day di Surabaya bulan September 2016.

Deputi Riset, Edukasi dan Pengembangan BEKRAF, Dr. Ing. Abdur Rohim Boy Berawi, BISMA dikembangkan sebagai aplikasi untuk pendaftaran usaha kreatif yang bisa mudah diunduh lewat Google Play Store dan AppStore dengan menggunakan kata kunci BISMA.

“Database usaha kreatif sangat kami perlukan untuk melakukan komunikasi dua arah dengan para pelaku agar bisa menangkap masalah, menerima masukan dan memetakan lebih akurat tentang kondisi usaha kreatif terkini di Indonesia,” ujar Boy Berawi dalam acara Sosialisasi BISMA bagi para pelaku usaha kreatif di Provinsi Lampung yang berlangsung di salah satu hotel, di Jalan Jendral Sudirman, Bandar Lampung, Senin (10/10/2016).

Boy mengatakan BISMA dikembangkan untuk membangun kekuatan sistem informasi dan database ekonomi kreatif. Saat ini, diakuinya, database usaha kreatif masih sangat minim sehingga banyak pelaku ekonomi kreatif kesulitan mengembangkan karyanya.

Sementara BEKRAF sebagai lembaga baru belum memiliki database signifikan untuk memetakan kebutuhan para pelaku yang bisa dijadikan data faktual bagi BEKRAF untuk menyusun kebijakan lebih efektif dan efisien untuk pengembangan bisnis kreatif.

Boy mengatakan kontribusi ekonomi kreatif dalam setahun terakhir menyumbang Rp 642 triliun atau 7,05 persen dari total produk domestik bruto (PDB) Indonesia dalam setahun terakhir. Ekonomi kreatif juga menjadi sektor keempat terbesar dalam penyerapan tenaga kerja, dengan konstribusi secara nasional sebesar 10,7 persen atau 11,8 juta orang.

BEKRAF memiliki tanggung jawab untuk merumuskan kebijakan-kebijakan strategis, merancang program dan kegiatan juga menciptakan ekosistem pengembangan ekonomi kreatif.

“Karena itu database yang kuat dan akurat para pelaku ekonomi kreatif ini kami butuhkan untuk mendukung pelaksanaan tanggung jawab tersebut,” tuturnya.

Lebih jauh Boy memaparkan, aplikasi BISMA memiliki berbagai fitur yang memungkinkan komunikasi berlangung interaktif dan saling memberikan keuntungan. Para usaha kreatif bisa mendaftarkan dan memberikan informasi tentang kondisi usaha mereka kepada BEKRAF.

Mereka juga bisa mengisi survey dan memberi masukan langsung pada BEKRAF. Sementara para pelaku usaha kreatif bisa mendapatkan berbagai informasi kegiatan dan program BEKRAF untuk pengembangan usaha juga terhubung dengan para investor dan inkubator bisnis yang ada di aplikasi.

Secara sederhana BISMA memiliki fungsi 5BE

Be Updated

Informasi dan agenda terkini seputar dunia Kreatif Indonesia

Be Supported

Usaha Kreatif Anda menjadi prioritas penerima bantuan dan program BEKRAF

Be Integrated

Usaha Kreatif Anda terintegrasi dalam sistem database Bekraf, sekaligus terhubung dengan jejaring Usaha Kreatif dan investor terbesar di Indonesia

Be Engaged

Usaha Kreatif bisa terlibat langsung memberi masukan via survey untuk membuat kebijakan signifikan bagi pengembangan industri kreatif di Indonesia

Be Marketed

Tersedia etalase untuk memasarkan usaha kreatif sekaligus mempertemukan Anda dengan investor

1. Membangun aplikasi Berbasis Mobile yang bisa diakses oleh seluruh pelaku industri kreatif di Indonesia untuk melakukan registrasi industri kreatif yang dimilikinya;

2. Mendapatkan database tentang pelaku industri kreatif di Indonesia;

3. Mendapatkan data pendukung untuk rencana pengembangan industri kreatif di Indonesia sebagai salah satu komponen perekonomian Indonesia;

4. Menyediakan data industri kreatif di Indonesia sebagai pendukung pengambilan keputusan oleh manajemen Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

(rls/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.