PortalMadura.com

Benarkah Aki Soak Bisa Diatasi Hanya dengan Obat Sakit Kepala?

  • Rabu, 26 Juli 2017 | 15:00
Benarkah Aki Soak Bisa Diatasi Hanya dengan Obat Sakit Kepala?
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Ada sebagian orang yang mengatakan bahwa masalah aki kendaraan yang soak baik itu mobil ataupun motor bisa diatasi dengan obat sakit kepala dan puyer. Hanya dengan ditaburkan maka aki itu akan nyaman kembali.

Pasalnya, reaksi campuran bahan kimia yang terkandung pada pil dan puyer sakit kepala dianggap bisa mereduksi oksidasi larutan dalam aki, hingga bisa membuat fungsinya kembali normal.

Lantas, apakah hal itu benar?. Technical Advisor Quality Assurance PT Astra Otoparts, Syahrudin mengatakan, pil obat sakit kepala atau puyer tidak memiliki hubungan kimia dengan baterai aki. Menurut dia, cara itu juga tidak ada dalam ilmu otomotif.

“Enggak benar itu, orang kita itu banyak yang kreatif. Bodrex enggak ada hubungan kimia dengan baterai, itu hanya suggest orang saja. Material timah itu enggak bisa diapa-apain,” kata Syahrudin.

Kapolres Sumenep

Dampak buruk penggunaan pil dan puyer sakit kepala pun, dikatakan tidak ada dalam memperbaiki aki yang rusak. Penggunaan obat sakit kepala juga tak bisa memperpanjang umur aki.

“Mungkin pada kasus itu, kondisi baterai enggak ada masalah. Kalau baterai soak sebenarnya kan kita cuma perlu setrum saja, selesai. Efek jangka panjang enggak ada, manfaatnya juga enggak ada,” kata dia.

Sementara itu, seperti dihimpun dari berbagai sumber, cara memperbaiki aki dengan pil obat sakit kepala adalah, pertama kali buang dan kosongkan semua air di dalam setiap sel aki. Setelah kosong lalu tuangkan air panas untuk membersihkan dan mengaktifkan sel­-sel mati.

Setelah itu, keringkan aki. Sekitar tiga jam atau satu hari kemudian masukkan air aki. Setiap lubang diberi satu tablet pil obat sakit kepala yang sudah ditumbuk halus. Diamkan satu hari dan dicas sebelum aki siap digunakan. (viva.co.id/Putri)

Hut RI
Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional