Bendera Setengah Tiang Warnai Peringatan G30 S PKI

Avatar of PortalMadura.Com
Bendera Setengah Tiang
Bendera Setengah Tiang

PortalMadura.Com, – Bendera setengah tiang mewarnai sejarah gerakan 30 September yang terjadi pada Tahun 1965. Terlihat di halaman pendopo Ronggosukowati atau pendopo Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur,  bendera dikibarkan setengah tiang, dan juga di sejumlah instansi pemerintahan lainnya.

Pemandangan itu nampaknya sangat tidak biasa sebab pengibaran bendera setengah tiang hanya dilakukan pada momen-momen berduka, yang terjadi pada pejabat Negara.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pamekasan Alwo Beiq, mengatakan, pengibaran bendera itu dilakukan selama satu hari sebagai bentuk duka dalam memperingati pemberontakan gerakan 30 September (G30) yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI).

“Kita tahu sejarah itu tidak ingin terulang kembali sehingga dari pusat hingga daerah hari ini mengibarkan setengah tiang bendera. Tidak hanya pemerintah, masyarakat pun boleh,” katanya, Selasa (30/9/2014).

Alwi menjelaskan/  pengibaran bendera setengah tiang pada tanggal 30 Septemebr ini sudah menjadi perintah dari pemerintah pusat, tidak hanya di pendopo, tetapi seluruh kantor pemerintah.

“Hal itu dilakukan setidaknya mengingatkan kepada kita semua, agar peristiwa atau duka lama bangsa Indoensia itu tidak terulang kembali, cukup dikenang saja peristiwa tidak baik  itu,” jelasnya. (reiza/htn)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.