PortalMadura.com

Berkendara Saat Hujan? Ini 3 Tips Cerdas Agar Tetap Aman

  • Sabtu, 7 Januari 2017 | 15:00
Berkendara Saat Hujan? Ini 3 Tips Cerdas Agar Tetap Aman
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Memasuki musim penghujan, kondisi jalanan semakin licin dan banyak digenangi air. Risiko kecelaan pun juga semakin tinggi akibat cuaca yang tidak menentu.

Kondisi ini membuat pengendara motor dituntut untuk terus meningkatkan konsentrasi, memastikan hal-hal yang menunjang keselamatan, dan mengutamakan safety riding selama berkendara agar tetap selamat sampai tujuan.

Pada dasarnya keselamatan adalah hal yang utama dalam berkendara. Namun jika Anda tidak memperhatikan teknik yang harus dilakukan, baik mengenai peralatan penunjang ataupun cara berkendara, bukan tidak mungkin jika keselamatan Anda sendiri bahkan orang lain akan terancam.

Nah, bagi Anda yang sekarang akan melakukan perjalanan dalam kondisi hujan, perhatikan tiga hal ini agar Anda selamat tanpa halangan dalam berkendara :

Helm SNI
Helm SNI merupakan piranti wajib saat mengendarai motor, baik saat cuaca normal maupun hujan. Akan lebih baik jika helm yang digunakan saat kondisi hujan adalah helm full face, agar sewaktu berkendara wajah dan mata tidak terganggu oleh guyuran air yang dapat menyebabkan terganggunya penglihatan dan konsentrasi.

Jas Hujan
Jas hujan diperlukan agar pakaian tidak basah dan mengganggu suhu tubuh pengendara. Jas hujan yang digunakan berbentuk jaket dan celana. Tidak berbentuk ponco atau jubah, karena berisiko tersangkut rantai atau roda.

Selain itu, sebaiknya gunakan jas hujan berwarna cerah agar mudah terlihat pengendara lain. Jangan sesekali menggunakan payung sewaktu berkendara dengan sepeda motor, karena biasanya pemegang payung tidak kuat menahan beban akibat terkena angin dan hujan. Kondisi ini akan membuat ketidak seimbangan pengendara dalam mengendarai motornya.

Sepatu
Banyak pengendara yang menggunakan sandal ketika hujan karena takut sepatu yang digunakan basah. Padahal, sebaiknya pengendara tidak menggunakan sandal karena berbahaya jika terjatuh atau terkena pantulan kerikil. Gunakanlah sepatu tahan air, atau paling tidak menggunakan cover sepatu.

Jika terpaksa menggunakan sepatu biasa, jangan menapakkan kaki Anda di atas mesin, khususnya jika Anda menggunakan motor cub. Jika demikian, titik keseimbangan motor dan pengendara dapat berubah, tentu saja dapat mempengaruhi pengendalian sepeda motor. Selamat mencoba dan semoga selamat sampai tujuan ya. (news.viva.co.id/Putri)


Hari Jadi Pamekasan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional