Biar Napi Tidak Kabur, Lapas Pamekasan Adakan Khataman Alqur’an

Avatar of PortalMadura.Com
Biar Napi Tidak Kabur, Lapas Pamekasan Adakan Khataman Alqur'an
Ilustrasi Lapas (Skalanews)

PortalMadura.Com, -  Sebanyak 120 narapidana (napi) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II-A Pamekasan, Madur, Jawa Timur mengikuti khataman Alqur'an di masjid Lapas yang terletak di Jalan Pembina, Kamis (20/4/2017).

Khataman Alqur'an tersebut dalam rangka memeriahkan Hari Bhakti Pemasyarakat Ke-53 hasil kerja sama antara Lapas dengan organisasi kemasyarakatan (Ormas) Nusantara Mengaji.

“Kegiatan ini serentak dilakukan di seluruh Lapas di Indonesia untuk mendoakan keselamatan bangsa dan negara. Termasuk pula keamanan Lapas itu sendiri, ” kata Kepala Lapas Klas II-A Pamekasan, Kusmanto Eko Putro.

Dikatakan, dengan kegiatan itu pula pihaknya ingin mengurangi naluri kabur napi. Sebab, setiap napi memiliki naluri untuk kabur dan ingin hidup bebas. Tentu, hal tersebut membutuhkan pendekatan spiritual agar napi bisa mentaati prosedur hukum yang berlaku.

“Mudah-mudahan dengan adanya doa dan khataman Al Quran ini, naluri untuk kabur bisa hilang. Apalagi jumlah petugas, tidak seimbang dengan jumlah narapidana yang ada disini,” tandasnya.

Salah satu napi asal Sampang, Muaffan mengaku, sebenarnya kegiatan mengaji tidak hanya digelar kali ini saja. Melainkan ada setiap malam, termasuk siraman rohani yang digelar satu kali dalam seminggu.

“Dulu keinginan saya untuk kabur sangat kuat. Tapi dengan banyak melakukan ibadah dan sering mengikuti siraman rohani, kini sudah tidak ada lagi. Toh, di luar sana juga tidak akan menemukan ketenangan, karena kita tetap menjadi buron,” akunya. (Marzukiy/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.