Bibir Kering Saat Puasa? Ini Cara Mengatasinya!

Avatar of PortalMadura.Com
Bibir Kering Saat Puasa? Ini Cara Mengatasinya!
ilustrasi

PortalMadura.Com – Masalah seringkali sulit dihindari saat bulan . Maklum, saja, asupan air yang berkurang selama puasa akan mengakibatkan dehidrasi yang ditandai dengan bibir kering.

Bibir kering memang tidak bisa disepelekan, Karena bibir dengan kondisi seperti ini sangat rentan terhadap luka, sehingga muncul rasa sakit. Bahkan, jika kondisi ini tidak segera diatasi, bisa menimbulkan infeksi.

Nah, berikut ini beberapa tips bagi Anda agar terbebas dari bibir kering dan pecah-pecah saat puasa:

Minum air putih

Minum 8 gelas air putih setiap hari untuk mencegah dehidrasi dan menjaga kelembaban kulit dan bibir Anda. Akumulasikan jumlah air yang Anda minum pada saat sahur dan berbuka.

Oleskan pelembab bibir (lip balm)

Item kecantikan satu ini menjadi barang wajib yang harus selalu ada di tas. Saat bibir kering, apalagi jika terterpa matahari, oleskan lip balm agar kulit bibir tetap terjaga kelembapannya. Pilih lip balm dengan SPF 15 atau pilih yang kaya pelembap seperti pertoleum jelly .

Konsumsi buah

Utamakan konsumsi buah saat buka puasa dan sahur untuk membantu mencegah atau mengurangi keluhan bibir kering . Pasalnya, keistimewaan serat dan cairan pada buah-buahan tak dapat diragukan lagi, termasuk untuk memelihara kesehatan bibir.

Hindari membasahi bibir dengan ludah

Membasahi bibir Anda dengan ludah akan membuat bibir teriritasi dan menjadi semakin kering. Karena air liur mengandung kelenjar dan enzim tertentu yang membuat bibir menjadi kering.

Jangan dikelupas  

Bibir kering  yang dikelupas sengaja oleh tangan bisa membuat bibir menjadi luka dan iritasi. Selanjutnya, bisa terbayang, kan, bagaimana perihnya bibir. Bisa-bisa, saat berbuka puasa nafsu makan malah hilang.

Waspadai kekurangan vitamin B

Salah satu tanda dan gejalanya termasuk bibir kering dan pecah-pecah adalah kekurangan vitamin B. Pastikan Anda cukup mengkonsumsi sumber vitamin B maupun suplemen dalam diet Anda setiap harinya.

Semoga dengan trik di atas Anda bisa mendapatkan kembali bibir sehat Anda. (duniafitnes.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.