Bigung Menentukan Bakat Anak Pemalu? Ini Solusinya!

Avatar of PortalMadura.Com
Bigung Menentukan Bakat Anak Pemalu? Ini Solusinya!
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sifat pemalu pada anak memang wajar akan tetapi apabila sifat tersebut tak kunjung hilang maka akan berbahaya bagi perkembangan psikologis anak. Anak yang pemalu cenderung tidak akan memiliki rasa percaya diri dan tidak bisa mengeksplorasi bakatnya.

Nah, untuk itu agar Anda tidak bingung lagi menentukan bakat anak pemalu, yuk ikuti langkah ini.

Ajak si Kecil Mencoba Beragam Aktivitas

Pada dasarnya, tiap anak terlahir dengan minat dan bakat yang berbeda-beda, Bu. Ada yang terlahir dengan minat dan bakat di bidang musik, olahraga, seni, matematika, dan masih banyak lagi. Inilah sebabnya, menurut forum konsultasi perkembangan balita yang saya ikuti, kita perlu mengajak si Kecil mencoba beragam aktivitas sejak dini untuk mengetahui minat dan bakat mereka yang sesuai.

Dengan mengajak si Kecil melakukan bearagam aktivitas, Ibu dapat mengamati aktivitas mana yang membuat si Kecil merasa senang atau justru merasa terbebani. Misalnya, ternyata si Kecil lebih menyukai permainan yang melibatkan ketelitian dan kecermatan seperti puzzle, dibanding aktivitas yang mengharuskannya banyak bergerak seperti olahraga, dan seterusnya. Untuk mengetahui minat dan bakat si Kecil serta memantau perkembangan yang sudah ia capai, yuk, ikuti kuis Momen Wow di sini, Bu.

Asah Hobi/Aktivitas yang Membuat si Kecil Merasa Senang

Setelah tahu aktivitas apa saja yang membuat si Kecil merasa senang dan apa saja yang membuatnya justru terbebani, Ibu boleh mulai mengajak si Kecil fokus pada bidang yang membantu ia mengasah potensinya.
Misalnya, bila di tahap awal Ibu mengajaknya bermain lompat tali dan bermain puzzle, selanjutnya Ibu boleh mengajak si Kecil bermain puzzle saja bila si Kecil tak lagi menginginkan bermain lompat tali.

Minta Pendapat si Kecil tentang Aktivitas yang Sudah Pernah Dilakukan

Bila langkah pertama dan kedua sudah Ibu lakukan, sebelum menyimpulkan lebih jauh, ada baiknya Ibu meminta pendapat si Kecil tentang aktivitas yang selama ini kelihatan digemarinya. Seperti halnya orang dewasa, antusiasme si Kecil dapat tersirat dari tutur dan mimik wajahnya saat membahas hal-hal yang ia sukai. Dengan memilih kegiatan atau permainan yang sesuai dengan bakat di tahap tumbuh kembang anak, Ibu dapat membuat potensi si Kecil kian terasah.

Itulah beberapa langkah mengenal bakat si Kecil sejak dini. Semoga bermanfaat! (ibudanbalita.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.