Blanko Kosong,  Ribuan Keping e-KTP Tak Tercetak

Avatar of PortalMadura.Com
Blanko Kosong,  Ribuan Keping e-KTP Tak Tercetak
Herman
PortalMadura.Com, - Warga Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur yang merekam elektronik kartu tanda penduduk (e-KTP) harus sabar menunggu.
Pasalnya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Pamekasan tidak menerima blanko dari pemerintah pusat alias kosong. Sehingga, warga yang merekam saat ini tidak bisa mendapatkan e-KTP dalam waktu cepat.
“Blanko ini mulai bulan Desember 2016 kosong, tidak hanya terjadi di Pamekasan. Tapi terjadi di seluruh Indonesia,” ujar Kepala Dispendukcapil Pamekasan, Herman Kusnadi, Selasa (31/1/2017).
Herman menambahkan, kekosongan blanko tersebut karena pada tahun 2016 kementerian dalam negeri gagal lelang. Blanko itu termasuk pula kertas scurity. Dimana, kertas scurity itu hanya ada beberapa perusahaan yang ditunjuk oleh pemerintah pusat untuk melakukan percetakan.
“Sementara di Kementerian Negeri sendiri masih bermasalah, itu yang menjadi kendala. Karena blanko kosong, maka saya ganti dengan surat keterangan pengganti e-KTP yang fungsinya sama, ” jelasnya.
Sejak kosongnya blanko, warga yang sudah merekam mencapai sekitar 1000 wajib KTP. Sehingga, mereka diganti dengan surat pengganti meskipun hanya berlaku selama 6 bulan.
Pihaknya belum bisa memastikan kapan blanko tersebut kembali tersedia karena pengadaannya murni dilakukan pemerintah pusat. (Marzukiy/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.