PortalMadura.com

BPBD Pamekasan : Musim Tahun Ini Tidak Bisa Diprediksi

  • Sabtu, 8 Oktober 2016 | 13:53
BPBD Pamekasan : Musim Tahun Ini Tidak Bisa Diprediksi
Ilustrasi
Loading...

PortalMadura.Com, Pamekasan – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur tidak bisa memprediksi musim lantaran cuaca yang tidak menentu.

Kepala BPBD Kabupaten Pamekasan, Akmalul Firdaus mengatakan, berdasarkan prediksi sebelumnya, bulan ini semestinya masih termasuk musim kemarau. Namun faktanya, akhir-akhir ini curah hujan cukup tinggi.

“Memang musim tahun ini tidak bisa diprediksi, ketika mau masuk musim kemarau ternyata sudah hujan,” ungkapnya, Sabtu (8/10/2016).

Selain itu, berdasarkan prediksi badan meteorologi klimatologi dan geofisika (BMKG) Jawa Timur menyebutkan bahwa darurat bencana itu berakhir pada bulan Agustus 2016. Tetap, sampai sekarang masih terjadi bencana di beberapa daerah.

Pihaknya meminta agar ada perpanjangan status darurat bencana hingga dua bulan ke depan guna mengantisipasi sesuatu yang tidak diinginkan. Masalah waktu, pihaknya memasrahkan kepada BMKG sebagai lembaga yang mengetahui perkembangan cuaca.

“Antisipasi itu, kami juga menerbitkan payung hukum status siaga darurat bencana. Artinya, transisi dari musim kemarau ke musim penghujan kami harus siaga,” tandasnya.

Dia meminta masyarakat mewaspadai terjadinya bencana alam di tengah cuaca yang cukup ekstream seperti yang terjadi sekarang. (Marzukiy/choir)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional