Bukit Poncuk Masih Rawan Langsor Susulan

Avatar of PortalMadura.Com
Kondisi Cuaca di Pamekasan Berpotensi Bencana
dok. Akmalul Firdaus, Kepala BPBD Pamekasan

PortalMadura.Com, – Bukit Poncuk Desa Pamoroh, Kecamatan Kadur, Pamekasan, Madura, Jawa Timur dinyatakan belum aman. Tebing setinggi 200 meter itu masih rawan terjadi susulan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pamekasan, Akmalul Firdaus mengungkapkan, setelah dilakukan kajian dan pengawasan, wilayah itu ditetapkan sebagai rawan bencana.

“Disana masih sangat rawan terjadinya longsor, dan kami terus memperhatikan daerah itu untuk mengantisipasi adanya longsor susulan,” katanya, Jum'at (13/3/2015).

Ia mengaku sudah menyiapkan tanggap darurat setelah musibah itu terjadi, dan kini menunjuk relawan yang ada di sekitar lokasi untuk selalu memantau gerakan tanah pada bukit. Apalagi, akhir-akhir ini cuaca di Pamekasan sangat ekstrim.

“Kami menyiapkan tanggap darurat itu setelah terjadinya bencana, setelah itu baru dilakukan kajian-kajian teknis, supaya tidak terjadi lagi longsor susulan,” tambahnya. (baca : Hujan Lebat, Tebing Setinggi 5 Ratus Meter Longsor)

Mantan Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) ini akan berkoordinasi dengan beberapa instansi terkait perihal kajian teknis kaitannya dengan longsor yang terjadi di perbukitan ponjuk itu.

“Jadi untuk program permanen nanti akan dikaji dengan pihak terkait,” tukas dia. (Marzukiy/htn)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.