Bulog Madura Kesulitan Dapat Gabah

Avatar of PortalMadura.Com
Bulog Madura Kesulitan Dapat Gabah
ilustrasi

PortalMadura.Com, – Kantor Sub Divre XII , Jawa Timur tidak lagi melakukan pengadaan beras. Melainkan diganti dengan pengadaan gabah yang dibeli dari petani di empat kabupaten di Madura.

Kepala Kantor Bulog Sub Divre XII Madura, Pamekasan, Slamet Kurniawan mengaku sangat sulit mendapatkan gabah di wilayah Madura karena sebagian besar petani tidak langsung menjual setelah panen raya. Tetapi, dijual ketika suatu saat membutuhkan uang.

“Kita sergap dengan TNI, kita cari mulai Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep. Kesulitannya bukan masalah harga, tapi tipikal masyarakat Madura ketika sudah panen langsung dimasukkan ke lumbung padinya dan disimpan. Nanti dia jual pada saat ada kebutuhan, seperti biaya sekolah dan lebaran,” ungkapnya, Jumat (13/5/2016).

Ditambahkan, terhitung sejak Januari hingga April 2016, Bulog hanya memperoleh 245 ton gabah hasil pembelian dari petani. Jumlah tersebut sangat kurang dibandingkan dengan kebutuhan gabah yang diprediksi hingga 8 ribu ton per bulan.

“Sudah beberapa kali saya turun ke desa-desa bareng TNI mulai kemarin. Tapi memang kami tidak menarget jumlah gabah. Tahun 2015, kita mendapat 400 ton gabah,” pungkasnya. (Marzukiy/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.