Bumil, Ini 5 Jenis Makanan yang Bisa Bikin Anak Cerdas Sejak dalam Kandungan

Avatar of PortalMadura.Com
Bumil, Ini 5 Jenis Makanan yang Bisa Bikin Anak Cerdas Sejak dalam Kandungan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Memiliki anak cerdas, aktif dan menjadi kebanggan tentu merupakan impian setiap orang tua. Tidak heran, anak adalah aset berharga baik di dunia maupun di akhirat yang sangat diharapkan oleh ayah dan bunda.

Maka dari itu, sebagai seorang ibu hamil, Anda harus memastikan bahwa yang Anda konsumsi mengandung nutrisi yang penting bagi kecerdasan sang bayi. Mungkin Anda pernah mendengar bahwa makanan yang Anda konsumsi saat kehamilan sangat mempengaruhi perkembangan bayi secara fisik.

Akan tetapi apakah Anda juga tahu bahwa makanan juga dapat berpengaruh pada kecerdasan sang bayi?.

Berikut lima makanan dengan kandungan nutrisi yang berperan bagi kecerdasan sang bayi yang perlu (ibu hamil) ketahui:

Suplemen Prenatal Asam Folat
Suplemen prenatal (masa sebelum kelahiran) dengan asam folat sangat penting bagi kecerdasan sang janin. Asam folat adalah nutrisi penting dalam pembentukan sel otak.

Berdasarkan temuan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menunjukkan, bahwa wanita yang mengonsumsi asam folat 4 minggu sebelum kehamilan dan 8 minggu setelah kehamilan memiliki 40% kemungkinan terhindar dari autis. Sumber terbaik dari asam folat adalah sayuran hijau seperti bayam, brokoli dan kubis.

Makanan Kaya Omega-3
Asam lemak omega-3 sangat penting karena berperan dalam pembentukan neuron. Neuron adalah saraf yang mengirimkan impuls listrik ke otak dan pesan ke organ tubuh lainnya.

Anda bisa mendapatkan kandungan omega-3 dari berbagai jenis ikan, telur, wallnut, daging merah, bayam, tahu, dan kacang-kacangan.

Buah dan Sayuran
Anatioksidan adalah nutrisi yang membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak jaringan otak calon bayi Anda. Antioksidan banyak terdapat dalam sayur dan buah seperti pepaya, sayuran berdaun hijau tua, tomat, dan buah berri. Pastikan buah dan sayuran dalam kondisi bersih sebelum Anda mengonsumsinya.

Makanan Kaya Zat Besi
Zat besi adalah nutrisi penting dalam masa kehamilan Anda karena nutrisi ini berfungsi mengirimkan oksigen pada sang bayi. Kekurangan oksigen pada janin dapat berdampak negatif pada IQ sang bayi. Hal ini juga berdampak buruk bagi pertumbuhan sang bayi.

Untuk mengetahui kadar zat besi dalam darah Anda bisa meminta bantuan dokter. Makanan yang mengandung zat besi antara lain daging ayam, sereal, kacang-kacangan dan daging sapi tanpa lemak.

Protein
Saat hamil, tubuh Anda memerlukan asupan protein lebih untuk membantu perkembangan sel-sel baru dan hormon yang meningkatkan pertumbuhan sang bayi. Setidaknya Anda bisa menambahkan sekitar 10 gr protein setiap harinya. Anda bisa mendapatkan protein dari sup kacang, 3 ons daging tanpa lemak, dan juga selai kacang.

Memilih makanan yang tepat saat kehamilan sangat berperan bagi pertumbuhan bayi Anda, termasuk mengenai kecerdasan otak. Makanan-makanan di atas bisa jadi pilihan menu Anda selama kehamilan di mana makanan tersebut sangat baik bagi kecerdasan sang bayi. (merdeka.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.