Bunda, Anak Anda Pemalu? Ini 5 Langkah Atasinya

Avatar of PortalMadura.Com
Bunda, Anak Anda Pemalu? Ini 5 Langkah Atasinya
ilustrasi

PortalMadura.Com – Anak pemalu merupakan sebutan bagi si kecil yang tidak memiliki keberanian untuk berbicara maupun tampil dihadapan banyak orang. Biasanya, anak cenderung tidak percaya diri dan takut untuk bersosialisasi terutama dengan sesuatu yang baru.

Orangtua kerap merasa kebingungan untuk mengatasi anak yang mengalami permasalahan seperti ini. Karena, hal ini tentu akan berpengaruh pada masa depannya. Selain itu, anak-anak juga akan selalu tergantung pada orangtuanya.

Bahkan, anak pemalu cenderung membatasi pengalaman mereka, tidak mengambil risiko sosial yang diperlukan, dan hasilnya mereka tidak akan memperoleh kepercayaan diri dalam berbagai situasi sosial. Akan tetapi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua agar anak-anak mereka merasa lebih nyaman saat berkelompok.

Berikut lima langkah mengatasi anak pemalu:

Gunakan Kontak Mata
Saat bicara dengan anak, biasakan untuk selalu menggunakan kontak mata langsung. Secara tidak sadar, hal ini akan memperkuat rasa percaya diri anak. Adanya kontak mata saat menghadapi lawan bicara akan menimbulkan kepercayaan diri bagi seseorang.

Namun, jika anak tidak nyaman saat melakukan kontak mata, ajarkan dia untuk bicara sambil menatap hidung lawan bicaranya. Dengan beberapa kali latihan seperti ini, lama-kelamaan rasa percaya dirinya akan meningkat dan teknik ini tidak lagi dibutuhkan.

Ajarkan Percakapan Pembuka dan Penutup
Buatlah sebuah daftar kalimat untuk membuka dan menutup percakapan untuk berbagai kelompok. Mislanya, orang yang belum pernah ditemui, orang yang sudah dikenal, seorang teman baru, dan lainnya.

Kemudian, latihlah mereka untuk berbicara saling berhadapan dengan berbagai tipe lawan bicara yang mungkin ditemuinya. Melatih kemampuan dan keberanian secara langsung dengan lawan bicara akan jauh lebih berhasil untuk mengurangi rasa malu anak dibandingkan dengan pembicaraan di telepon.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.