Bunda, Ingin Bayi Anda Tak Rewel Saat Mandi? Ikuti Cara Ini

Avatar of PortalMadura.com
Bunda, Ingin Bayi Anda Tak Rewel Saat Mandi? Ikuti Cara Ini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Ritual bagi orang tua baru tentu menjadi hal yang merepotkan dan membingungkan. Akan tetapi, hal itu merupakan kewajiban yang harus dikerjakan.

Nah, jika Anda termasuk orang tua baru yang belum mengerti cara aman memandikan bayi, Anda tidak perlu khawatir melakukannya, sebab ada cara aman yang bisa Anda contoh. Tapi yang harus Anda ingat, memandikan bayi sebanyak dua kali sehari itu tidaklah efektif. Apalagi bagi kulit bayi yang sensitif karena mudah ruam.

Untuk itu, Anda perlu memerhatikan langkah tepat memandikan bayi yang aman dan tidak membuat si kecil menangis. Berikut ini ulasannya:

1. Siapkan bak mandi dengan bahan yang aman, seperti dari karet atau plastik yang didesain bergerigi. Pastikan bak mandi yang Anda gunakan membuat si kecil tidak tergelincir.

2. Pakai alas silicon yang dipasang di lantai kamar mandi. Benda itu dapat memudahkan Anda bergerak memandikan bayi dan fungsinya dapat mencegah Anda terpeleset.

3. Siapkan air hangat yang tetap nyaman di kulit bayi. Sebaiknya, Anda bisa memastikan tingkat kenyamanannya, supaya bayi tidak rewel saat dimandikan.

4. Siapkan sabun dan shampoo bayi dengan pH cukup. Usahakan jangan menggunakan sembarang sabun, karena kulit bayi sensitif seperti mudah kering. Tapi sebaiknya, hindari penggunaan sabun karena bisa mengakibatkan kulit lecet dan iritasi.

5. Setelah semua alat disiapkan, mandikan bayi Anda pelan-pelan. Masukan tubuh bayi ke dalam bak, tetapi pastikan aman. Jangan tenggelamkan kepala bayi ya!

6. Usap tubuh bayi dengan air dan sabun. Ingat, bersihkan bagian lipatan leher, lengan, tangan, paha, dan area sensitif lainnya agar tidak memicu perkembangbiakan kuman.

7. Setelah selesai, bilas dengan air sampai tidak Ada sisa sabun yang menempel. Saat memandikan bayi, jangan lupa ajak si kecil berkomunikasi. Cara ini bisa merangsang respon buah hati Anda, serta membangun bonding.

8. Angkat tubuh bayi dari bak. Tentu langsung letakkan handuk bayi yang telah Anda siapkan pula.

9. Lap kering tubuh bayi Anda. Lalu pakaikan baju yang sudah disiapkan.

10. Jangan lupa gunakan bedak yang aman seperti liquid tacl atau bedak lain berbahan organik. Usap juga minyak telon supaya tubuh bayi terasa hangat.

11. Setelah selesai semua, ajak main si kecil, dengan melatih kemampuan motorik dan respon berkomunikasi dengan baik.

(okezone.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.